Bos Daihatsu Indonesia: Kompetisi di Tahun 2020 Akan Sangat Berat

Jum'at, 10/01/2020 20:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Daihatsu berhasil mempertahankan posisi kedua selama 11 tahun berturut-turut dalam penjualan terbanyak di ritel otomotif nasional di tengah persaingan yang sangat ketat dengan merek Iainnya. 

Pencapaian ini juga tak lepas dari kuatnya jaringan penjualan dan purna jual (after sales) yang tersebar di seluruh Indonesia dan selalu bertambah jumlahnya.
 
Selain penjualan, insan Daihatsu juga terus berinovasi untuk Sahabat Indonesia dengan melakukan pembaharuan dan inovasi dalam proses kerja produksi yang Iebih berkualitas dengan fokus kepada tiga prinsip utama, yaitu safety, quality dan efficiency. 

“Tidak mudah kami pertahankan posisi kedua ini, kami mati-matian,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada media saat pemaparan pencapaian kinerja Daihatsu, di Jakarta (9/1/2020).

Selama 11 tahun berturut-turut bertahan di posisi nomor 2, model Daihatsu yang mendominasi penjualan juga silih berganti.

Model-model kontributor penjualan yang menempati tiga posisi model teratas, yakni Xenia, Gran Max dan Sigra.

“Mempertahankan lebih sulit dibanding merebut posisi kedua ini selama 11 tahun, kami sudah rasakan,” ujar Amelia.
 
Menurutnya, semua pabrikan mobil berlomba-lomba merebut nomor posisi 2 karena dianggap strategis.

Amelia menyebut, motivasi kompetitor merebut posisi nomor 2 akan sulit karena disadari untuk merebut posisi nomor 1 yang ditempati Toyota susah diraih. 

Secara penguasaan pangsa pasar, disebutnya terlalu jauh bedanya. Toyota sendiri mampu meraih pangsa pasar di atas 30 persen, sementara untuk posisi nomor 2 dan setara hanya di kisaran 17 persen.

“Kalau tahun lalu rival terdekat kami itu Mitsubishi, tahun ini kami perkirakan akan ganti,” ujar Amelia tanpa menyebut merek yang dimaksud.

Lalu, bagaimana perkiraan kompetisi di tahun 2020 ini? “Wah, tahun ini diperkirakan kompetisi akan lebih berat dari rival,” ungkap Bos Daihatsu Indonesia yang gemar olah raga diving ini.

“Rival akan berganti, mereka akan menyiapkan banyak produk-produk baru dengan berbagai strategi, sementara Daihatsu tidak ada produk baru di tahun 2020 ini,” tegasnya. 

“Kami bisa pertahankan nomor dua dengan produk seadanya, didukung tim yang terus meningkatkan kualitas, efisiensi dan safety nomor satu,” tutup Amelia.

Ketiga prinsip ini yang disebutnya menjadikan produk Daihatsu sangat cocok di Indonesia. (anto)

TERKINI
Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV! Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024