Launching Toyota Yaris WRC, Lebih Ringan dan Bertenaga

Jum'at, 10/01/2020 19:48 WIB

mobilinanews (Jepang) - Toyota Yaris lansiran Toyota Gazoo Racing muncul perdana di ajang expo Tokyo Auto Salon, Jepang. Livery-nya masih dominan merah dan putih seperti pendahulunya.

Ini kali pertama Toyota mengawali kompetisi dari Jepang. Sekalian menyongsong Jepang kembali menjadi tuan rumah WRC (World Rally Championship) pada November 2020 setelah vacum sejak 2010.

Dipimpin Team Principal Tommi Makinen, line up lengkap tim reli Toyota 2020 turut diperkenalkan kepada publik. Mereka adalah Sebastien Ogier/Julien Igrassia, Elfyn Evans/Scott Martin, dan Kalle Rovanpera/Jonne Halttunen.

Makinen menyebut tak banyak perubahan teknis pada besutan baru ini. Lebih banyak mempertahankan area yang tahun lalu menjadi kekuatan Toyota di WRC dan menghasilkan juara dunia buat Ott Tanak.

"Dari sisi luar mobil ini tampak sama dengan edisi 2019. Di bagian dalam memang banyak bagian tahun lalu yang dipertahankan. Tapi, kami selalu membuat langkah kecil untuk mengembangkan mobil. Yaris kali ini akan lebih ringan dari sebelumnya, namun lebih powerful," kata Makinen, legenda reli dunia asal Finlandia.

Ia yakin jajaran perelinya akan cepat beradaptasi dan nyaman dengan besutan 2020 ini. Tentu, target yang dipancang adalah menguasai kompetisi seperti tahun lalu.

Seri pembuka WRC 2020 berlangsung di Monte Carlo, 23-27 Januari 2020. Sekaligus ujian perdana buat Ogier, eks Citroen yang baru musim ini membesut Toyota Yaris. (rnp)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali