Rally Dakar 2020: Mini Jepit Toyota di 3 Besar, Alonso Ke-6

Sabtu, 11/01/2020 12:29 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Dua jawara Dakar penggeber Mini, Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel, mulai bergantian memenangi SS.

Saingan terdekat dari kubu Toyota mereka jepit di 3 Besar klasemen sementara.

Peterhansel tercepat di SS6 berjarak 830 km yang sepenuhnya padang dan perbukitan pasir. Mr. Dakar ungguli rekan setimnya, Sainz, dengan gap 1menit 33 detik.

Jarak yang terbilang besar, tapi itu hanya membantu Mr. Dakar memperkuat posisi di peringkat 3 kejuaraan umum sementara.

Puncak kejuaraan masih dipegang Sainz yang dua kali juara dunia WRC dan dua kali juga juara Dakar.

Ia memimpin dengan total waktu 23 jam 33 menit 4 detik. Unggul 7 menit 48 detik atas andalan Toyota, Nasser Al-Attiyah, yang juara Dakar 2019. 

Dijepit Sainz dan Peterhansel, Al-Attiyah mengaku tak banyak yang bisa ia lakukan karena mobil rival memang lebih tangguh di perbukitan pasir.

"Tapi, ini baru setengah jalan. Perjalanan masih panjang dengan variasi lintasan yang berbeda," katanya.

Rekan setimnya di Toyota Gazoo Racing, Fernando Alonso, finish ke-6 di SS6. Hasil itu mengatrol sang juara dunia F1 ini ke peringkat 16 sementara. 

Lompatan istimewa karena pada awal petualangan ini Alonso sempat terpuruk di peringkat 63. (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas