Wow, Ini Potensi Max Biaggi Kembali ke Trek MotoGP!

Senin, 13/01/2020 23:30 WIB

mobilinanews (Italia) - Max Biaggi, salah satu musuh bebuyutan Valentino Rossi, masuk daftar rekrutan tim pabrikan Aprilia.

Dibandingkan dengan dua pesaingnya, kans Biaggi sangat besar.

Pengalaman panjangnya di Aprilia sangat dibutuhkan untuk menguji dan menilai RS-GP yang berubah total.

Bukan jadi pembalap regular karena slot untuk 2020 sudah penuh. Biaggi diincar Aprilia untuk ikut ngetes RS-GP 2020 di Sirkuit Sepang, Malaysia, bulan depan dalam sesi resmi tes pra musim.

Ada motor kosong karena pembalap regular Aprilia, Andrea Iannone, tengah dihukum FIM akibat kasus doping yang masih berjalan.

Selain Aleix Espargaro dan tester Bradley Smith, pabrikan Italia ini merasa perlu pembalap ketiga untuk mendapatkan masukan yang lebih komprehensif.

Ada tiga kandidat yang masuk list. Biaggi, mantan rider MotoGP Karel Abraham, dan pembalap Aprilia di kancah SBK Lorenzo Savadori.

Kans Biaggi disebut lebih besar karena pengalaman panjangnya. Bersama Aprilia ia meraih 3 gelar GP 250 (satu lainnya dengan Honda) sebelum pindah ke GP500/MotoGP dengan raihan 13 kemenangan.

Di akhir karirnya dalam usia 41 tahun, Biaggi juga menyumbang 2 gelar juara dunia SBK bersama Aprilia.

Biaggi lebih diperlukan tak lain karena perubahan besar-besaran yang terjadi di tubuh Aprilia sejak kedatangan Massimo Rivola yang sebelumnya berada di kancah F1 bersama tim Ferrari.

Ia tak hanya mengubah struktur organisasi dan cara kerja tim, tapi juga mengubah motor secara drastis.

RS-GP 2020 ia siapkan dengan teknologi menyerupai langkah Honda dan Ducati yang terbukti sukses.

Semua komponen mesin berubah, tanpa menyisakan teknologi yang diusung RS-GP 2019.

Masih dengan konfigurasi V, tapi dengan sudut 90 derajat dengan motif mendapatkan power yang lebih dahsyat dari yang sebelumnya bersudut 75.

Selain mesin, sasis dan paket aeronya juga berubah total.

Apakah Biaggi yang akan terpilih, jawabannya ada dalam beberapa hari ke depan. Itu janji jubir Aprilia.

"Ya, dari 3 kandidat kami akan pilih satu. Segera diumumkan," kata sang jubir seperti dikutp crash.net. (rnp)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo