Anggaran Formula E Jakarta Rp 1,7 T Cukup Untuk Gelar 12 Seri Setahun (Bag 2)

Selasa, 14/01/2020 08:12 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jurnalis senior peliput balap Sukarman Mustamin menceritakan, waktu Allianz (perusahaan asuransi international dari Jerman) hengkang dari sponsor F1 ke FE (Formula E) mendapat saham SE sebesar 3,5  persen.

Dan, duit yang dikeluarkan Allianz untuk saham itu diperkirakan hanya 18,7 juta Pound. ini jumlah yang diestimasi Telegraph.

"Jadi betapa bodohnya Pemda DKI Jakarta yang harus keluar duit 35 juta Pound untuk bayar asuransi seluruh sirkus ini. Sementara perusahaan asuransi Allianz hanya keluar duit 18,7 juta Pound tapi dapat saham 3,5 persen," ungkap Sukarman.

Kalau dikaitkan dengan biaya penyelenggaraan di 12 kota dunia tadi, yang hanya Rp 115,1 miliar yang tentu sudah termasuk asuransi peserta, maka sama saja dengan 35 juta Pound itu kita bisa membiayai 1/3 dari kebutuhan biaya Formulir E selama setahun.

Ini belum selesai loh. Menurut Kompas, JakPro yang ditunjuk Gubernur Anis jadi penyelenggara, kabarnya juga mengajukan dana penyertaan modal Rp 305,2 miliar. Ini buat apa coba?

Tadi kan sudah disebut ada alokasi dana 22 juta Pound untuk penyelenggaraan. Tapi pada dana penyertaan modal itu, disebutkan antara lain pembuatan venue (3 items) yang kalau dijumlah angkanya Rp 227,2 miliar. Mau bikin sirkuit permanen?

Coba kita lihat detilnya. Pengerjaan grandstand, paddock, pit, dll dianggarkan Rp 112 miliar. Catat, bangunan ini nanti tentu sifatnya tidak permanen, tipikal sirkuit jalan raya.

Lalu, ada alokasi dana untuk bikin dinding dan pagar, termasuk barrier. Nilainya Rp 48 miliar.

Sirkuit FE rata-rata panjangnya 2,5 - 3 km. Jadi kalau pagar kiri-kanan, mungkin perlu 5-6 km. Itu artinya anggaran untuk pagar ini sekitar Rp 8 jt/meter.

Pagar untuk sirkuit balap itu biasanya berupa barrier di bagian bawah untuk menahan kalau ada mobil yang melindungi dan pagar besi (kawat BRC) di bagian atas untuk menahan mobil yang terbang.

Oya, kecepatan mobil FE itu masih 25% di bawah F1. (Bersambung, bs)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas