Fernando Alonso: Rally Dakar, Indianapolis 500, dan Balik ke F1 Musim 2021

Rabu, 15/01/2020 11:49 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Pensiun dari F1 di akhir musim 2018, nama Fernando Alonso tetap berkibar.

Alonso juara di kancah balap Indianapolis, balap endurance LeMans, dan saat ini tengah tarung di Rally Dakar dalam zona 10 Besar.

Akankah balik ke Ferrari pada 2021?

Kala pensiun, juara dunia 2005 dan 2006 itu bilang akan kembali ke F1 jika mobil yang digebernya berpotensi jadi juara dunia.

Saat ini tim yang bisa mensuplai mobil semacam itu hanyalah tim sekelas Mercedes, Ferrari, dan Red Bull.

Lain halnya dengan 2021 saat regulasi radikal F1 diberlakukan. Kekuatan tim diprediksi setara sebagai akibat aturan yang memangkas perbedaan antara tim kaya dan yang biasa saja.

Artinya, seorang juara akan lebih banyak ditentukan oleh skill dan nyali pembalap di trek. Bukan lagi faktor keunggulan mobil semata.

Di sela-sela kesibukan di Rally Dakar, Alonso kembali menegaskan minat kembali ke ajang F1. Tapi, belum tentu dengan Ferrari, tim yang dibelanya pada musim 2010-2014.

"Saya tak bicara dengan mereka. Sudah jelas kalau mereka berjudi dengan kontrak panjang Charles (Leclerc). Bicara 2021 kita harus menunggu siapa dan tim mana yang bakal kompetitif. Barangkali saat itu Ferrari bukan lagi tim favorit," kata Alonso kepada media Spanyol El Partidazo.

Selain Ferrari, McLaren juga disebut-sebut sebagai tujuan Alonso pada 2021.

Meski sudah berusia 38 tahun, ia masih jadi incaran tim F1 bukan hanya karena skill tapi juga karena dukungan sponsor besar di belakangnya.

Kala di Mclaren dan Ferrari, misalnya, Alonso ikut membawa Santander (perusahaan keuangan terbesar Spanyol) menjadi title sponsor.

"Sekarang fokus saya adalah mencapai finish Rally Dakar (pada 17 Januari 2020), selanjutnya ikut balap Indianapolis, dan pertengahan tahun akan menentukan balik ke F1 dan dengan tim apa," tegas Alonso.(rnp)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo