Presiden Jokowi: Ibu Kota Baru Hanya untuk Kendaraan Listrik

Kamis, 16/01/2020 16:31 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan kendaraan yang akan beroperasi dan wira-wiri di ibu kota negara baru hanya mobil listrik dan berteknologi otomatis atau autonomous vehicle saja. 

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat membuka acara pertemuan tahunan industri jasa keuangan Tahun 2020 di grand ballroom, The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (16/1/2020) siang.

Awalnya, Jokowi menyampaikan niat pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur bukan semata-mata hanya memindahkan gedung pemerintah dan isinya.

"Yang kita ingin pindahkan adalah sebuah perubahan pola pikir, pola kerja, sistem yang semuanya akan baru, kita akan install sistem sehingga orang mengikuti semua sistem yang ada," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini pun memamerkan desain IKN yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara melalui video. 

Menurut Presiden Jokowi, nantinya ibu kota baru merupakan daerah hijau, smart city, compact city dengan dukungan sistem transportasi serba otomatis.

"Karena yang kita gunakan nanti adalah autonomous vehicle dan electric vehicle. Selain itu nggak boleh," ungkap Jokowi lagi.

Wah. (bs)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas