MotoGP 2020: Marquez Tak Siap 100%, Penyembuhan di Arena Gokart

Rabu, 22/01/2020 15:32 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tinggal hitungan jari rangkaian kompetisi musim ini berlangsung, dimulai dengan tes resmi pra musim di Malaysia, 6-8 Februari 2020.

Tapi, juara dunia bertahan, Marc Marquez, masih berkutat dengan recovery fisiknya.

Berpacu melawan waktu, sudah bisa dipastikan MM93 tak akan bisa tampil 100% dalam tes ini.

Semangatnya tetap full, tapi kondisi tubuh yang tak memungkinkan. Itu akibat pemulihan cidera bahu kirinya yang berjalan tak seperti yang dikehendaki.

Cidera retak tulang belikat kiri itu didapat MM saat lakoni tes resmi MotoGP, 25 November 2019 di Sirkuit Jerez 2019, Spanyol. Saat itu ia geber prototype RC213V yang disiapkan Honda untuk musim 2020.

Saat mencoba cari limit perform-nya di tikungan terakhir, itu motor terpelanting dan menyeret tubuhnya di lintasan. Ia harus dibawa ke klinik sirkuit dan bisa kembali lanjutkan tes.

Namun, ada buntutnya. Dalam pemeriksaan menyeluruh ada keretakan tulang yang akhirnya dioperasi pada akhir tahun. Harapannya bisa sembuh total saat tes pra musim perdana.

"Ternyata cidera yang saya alami lebih kompleks dari dugaan awal. Proses pemulihan tidak seperti diharapkan," kata Marquez sembari mengunduh sebuah rekaman video di akun instagramnya.

Isinya adalah kondisi terkini tulang belikatnya. Di situ tampak jelas, bagian kiri bekas operasi terakhir masih bengkak.

Ada semacam benjolan yang ukurannya hampir dua kali lipat dari tonjolan tulang di sebelah kanan.

"Perhatikan bagian kiri dan kanan," ucap MM dalam postingannya.

Meski demikian bukan Marquez namanya kalu patah semangat hanya karena soal begituan. Untuk mempercepat pemulihan kondisinya, ia kini rajin mencoba stimulan baru dengan bermain gokart. Ini kali pertama ia membesut gokart.

Dengan banyaknya tekanan dan manuver pendek-pendek di trek gokart bisa menjadi salah satu sarana latihan terbaik untuk pergerakan tulang-tulang bahunya.

Meski bakal tak bisa gaspol 100%, ia bertekad tampil semaksimal yang bisa ia lakukan dalam tes pra musim.

Tujuan utamanya adalah menemukan poin plus dan minus motor 2020-nya usai  di-launching di Jakarta, Indonesia, pada 4 Februari 2020. (rnp)

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060