Ini Kunci Sukses Untuk Pabrikan Mobil Jika Ingin Melejit di Indonesia (2 - habis)

Rabu, 22/01/2020 19:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Beberapa tahun terakhir, pabrikan mobil Korea terkesan ‘slow down’ dan kurang agresif memperebutkan ‘kue’pangsa pasar otomotif di Tanah Air.

Kehadiran KIA dengan model barunya, All New Seltos yang baru diluncurkan di Jakarta (20/1/2020), apalagi di bawah komando Indomobil sebagai salah satu grup otomotif terbesar tentunya membawa angin segar.

“Hyundai akan mendirikan pabrik, itu kata kuncinya. Selama itu belum terjadi, susah,” ujar Bebin Djuana, figur otomotif nasional yang memberikan kunci sukses untuk pabrikan mobil jika ingin melejit di Indonesia.

“Kesannya produk Korea kok lamban untuk grab pasar Indonesia, kata kuncinya tunggu pabrik. Dimana Hyundai ada, disitu (KIA) akan menyusul,” yakinnya.

Menurutnya, pabrikan mobil Korea akan bangkit kembali untuk berkompetisi di pasar otomotif nasional mulai tahun 2020 ini. 

“Tetapi tidak akan terlalu signifikan, tunggu pabriknya jadi, supaya apa? Cuma satu, produk yang dibutuhkan market Indonesia ada, tentunya dengan harga yang sesuai ekspektasi market,” ungkapnya.

Jika sesuai ekspektasi dan kebutuhan pasar, berarti modelnya harus MPV (Multi Purpose Vehicle)? “Enggak cuma MPV, jangan salah, SUV naik terus (penjualannya),” ujarnya. 

“Jika konsumen enggak sanggup (beli) SUV, pilih crossover. Nanti pabrik jadi, kita lihat percaturannya seperti apa,” sahut Bebin.

Mantan pejabat senior di Suzuki Indonesia ini mengilustrasikan pabrikan Jerman, Volkswagen (VW) di Indonesia berani membangun fasilitas ‘assembling plant’.

“Bukannya menghina, berapa sih volume (penjualan) VW disini, you kalo mau besar itu kuncinya (bikin pabrik),” ujar Bebin. Lalu pria yang aktif menjadi pembicara otomotif ini menyebut merek Amerika Serikat, Chevrolet. 

“Chevy memang gede? Karena (ketika itu) punya pabrik di Pondok Ungu, Bekasi. Lihat grafiknya, bertumbuhnya disitu, kalau tidak lakukan seperti itu di Republik ini, jangan harap punya produk yang bagus dengan harga yang bersaing,” tutupnya. (anto)

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y