Firhand Ali : Saya Ingin Qarrar Proven, Bukan Given

Kamis, 23/01/2020 20:17 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Cara Firhand Ali menggembleng putranya, Qarrar Firhand  (9 tahun) di ajang gokart sangat ketat, keras dan disiplin.

Bahkan ketika usia putra bungsunya masih 6 tahun, program latihan telah diterapkan dan dibawa ke Italia guna mengenali berbagai karakter sirkuit gokart yang berbeda.

Padahal, saat itu, Qarrar belum boleh ikutan balap, karena usianya. Dia memanfaatkan sesi practice pada hari Kamis dan Jumat, tentu seizin penyelenggara event. 

Mantan pegokart juara Asia ini juga tidak ingin Qarrar matang karena karbitan. Makanya, ia tak pernah mempersoalkan apakah Qarrar naik podium apa tidak pada event yang diikutinya.

“Semua itu berproses, tidak ada yang instant. Mungkin secara speed, Qarrar udah kencang. Tapi, untuk menjadi pembalap bagus kan gak hanya speed, ada beberapa faktor lainnya. Misalnya, soal fight. Nah, ini yang akan terus digenjot untuk Qarrar,” ujar Firhand kepada mobilinanews.

Tapi masalahnya tidak sesederhana itu. Untuk anak yang masih 9 tahun, lanjut Firhand, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dengan terus menerapkan program yang semakin ditingkatkan dibanding tahun lalu.

Buktinya, jika tahun lalu Qarrar diprogramkan mengikuti 19 event gokart baik di dalam, regional maupun international, tahun ini meningkat menjadi 24 event.

“Intinya, tidak ada yang berubah programnya dibanding tahun lalu. Kenapa jadwal eventnya ditambah, karena otomatis akan menambah jam terbang dan skill serta mental sekaligus,” lanjut Firhand.

Bahkan ketika Qarrar naik podium di sebuah event gokart yang diikutinya, belum tentu Firhand enjoy.

“Saya lebih suka Qarrar nomor 5 misalnya dari hasil kerja keras daripada podium 3 karena given. Ada pegokart di depannya tidak finish,” tambah Firhand.

Ketika ditanya target untuk Qarrar tahun ini, "Saya ingin dia bisa selalu 3 besar di Mini," jawab Firhand. Tahun ini, Qarrar masih berlomba di kelas Cadet atau 1 kelas di bawah kelas Mini. 

Wawancara lebih lengkap dengan Firhand terkait Qarrar, silakan baca di Mobilinanews Magazine edisi khusus Gokart 2020 yang akan terbit pada Jumat, 7 Februari 2020. (bs)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas