Begini Kesiapan Mitsubishi FUSO Hadapi Regulasi ODOL dan B30

Jum'at, 24/01/2020 16:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Beberapa regulasi pemerintah selama tahun 2019 juga membawa dampak pada perilaku konsumen yang menjadi tantangan tersendiri bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC). 

Selama tahun 2019, Kementerian Perindustrian gencar dalam penegakan regulasi over dimension and over loading (ODOL) dan menghimbau bagi para pemangku kepentingan mulai dari agen pemegang merk, karoseri, pemilik dan pengemudi truk. 

Pemerintah melakukan penindakan tegas dengan pemberian sanksi bagi truk yang tidak mematuhi autran ODOL. 

Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, maka KTB menyediakan Karoseri Portal bagi perusahaan karoseri dan dealer sebagai sumber informasi terkait regulasi khususnya mengenai regulasi muatan truk.

Regulasi lainnya yang juga baru-baru ini diimplementasikan adalah konsumsi bahan bakar Biodiesel B30. 

Dalam keterangan resminya (23/1/2020), KTB menghormati kebijakan Pemerintah dan senantiasa mendukung agar produk Mitsubishi Fuso sesuai dengan kadar bahan bakar B30. 

KTB meyakini hal ini dilakukan Pemerintah untuk menghemat anggaran impor minyak sawit. Menyikapi kebijakan ini, Mitsubishi Fuso siap implementasi bahan bakar B30. 

Salah satu alasannya karena sebelumnya Mitsubishi Fuso telah lolos tes uji coba sejauh 40.000 KM tanpa mengalami kendala berarti dan kendaraan dapat beroperasi secara normal. 

Saat ini kendaraan Mitsubishi Fuso, khususnya Colt Diesel telah dilengkapi dengan double fuel filter dan dapat menyesuaikan dengan bahan bakar B30. 

Sehingga tidak perlu ada penyesuaian pada produk Colt Diesel. Sedangkan produk FUSO dan Fighter akan ada penyesuaian minor. 

“Untuk truk Mitsubishi Fuso produksi sebelum 2020, kami akan mempersiapkan parts pendukung. Namun hal tersebut bukan merupakan perubahan besar,” ujar Dony Hermawan, Head of PR & CSR KTB.

“Sehingga jika konsumen berniat untuk menyesuaikan parts kendaraannya maka kami akan dengan sigap menyediakannya sesuai kebutuhan konsumen,” tambah Dony.

Jadi, Mitsubishi Fuso dan Colt Diesel siap mengkonsumsi bahan bakar B30. (anto)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060