20 Fakta Unik Tentang Honda CR-V

Jum'at, 24/01/2020 21:53 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tahun 2020 menjadi tonggak sejarah bagi Honda CR-V yang genap berusia 20 tahun sejak diluncurkan pada tahun 2000 di Indonesia. Setelah memperkenalkan sebanyak 5 generasi, Honda CR-V tercatat sebagai model SUV dengan periode penjualan paling panjang dan angka penjualan total paling tinggi di Indonesia.

Selama 20 tahun eksis di Indonesia, Honda CR-V sudah terjual sebanyak 213.241 unit. Meski sudah 2 dekade usia CR-V, tapi sepertinya masih banyak hal atau serba-serbi tentang CR-V yang belum banyak orang tahu. Nah berikut ini 20 fakta menarik tentang Honda CR-V:

1. Comfortable Runabout Vehicle<br />CR-V merupakan singkatan dari Comfortable Runabout Vehicle. Namun istilah ini tidak pernah digunakan secara resmi.

2. World Premiere tahun 1995<br />Di Indonesia, Honda CR-V pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000. Tapi tahukah anda World Premiere Honda CR-V tepatnya pada tahun 1995 di Jepang. Disusul di Amerika Utara pada tahun 1997.

3. 213.241 unit<br />Populasi Honda CR-V berjumlah 213.241 unit di Indonesia. Fakta ini menempatkan CR-V sebagai SUV dengan penjualan tertinggi di Indonesia.

4. Dijual 150 negara<br />Honda CR-V terjual di lebih dari 150 negara dengan total penjualan mencapai lebih dari 9 juta unit.

5. Penghargaan Internasional<br />Honda CR-V sukses meraih berbagai penghargaan internasional sebagai kategori best car, best SUV, dan lain-lain.

6. Periode penjualan terpanjang<br />Honda CR-V menjadi model SUV dengan periode penjualan terpanjang di Indonesia.

7. 40 penghargaan di Indonesia<br />Honda CR-V meraih 40 penghargaan di Indonesia dari berbagai lembaga survey dan media nasional.

8. World Class Safety<br />Sejak generasi pertama hingga generasi kelima, Honda CR-V secara konsisten meraih rating tertinggi dalam berbagai uji keselamatan dengan standar internasional. Hal ini menegaskan status CR-V sebagai SUV dengan World Class Safety.

9. Passenger oriented&nbsp;<br />Ya, berbeda dengan kebanyakan model SUV yang berbasis ladder frame, Honda CR-V sejak awal dikembangkan untuk menghadirkan kenyamanan layaknya sedan atau passenger car dengan frame monocoque dan multi link suspension untuk meningkatkan kenyamanan dan kestabilan.

10. Produksi pertama Honda di Indonesia<br />Honda CR-V adalah model SUV pertama yang diproduksi oleh Honda di Indonesia.

11. Sharing platform<br />Sejak pertama kali diproduksi Honda CR-V menggunakan sharing platform dengan model Honda lainnya yakni Honda Civic. Sharing platform ini masih berlanjut hingga All New Honda CR-V generasi ke-5.

12. Varian engine baru<br />Honda CR-V generasi 3 untuk pertama kalinya tampil dengan transmisi manual 6 percepatan dan merupakan yang pertama di kelasnya serta pertama kalinya dijual dalam pilihan mesin 2.4 liter.

13. Urban SUV Concept<br />Sejak generasi 3, Honda CR-V konsisten dengan konsep pengembangan yang memadukan antara desain stylishkhas perkotaan dan performa tangguh khas SUV.

14. Teknologi Nanoe<br />Honda CR-V generasi 4 menawarkan teknologi Nanoe yang berfungsi membuat udara di dalam kabin lebih bersih dan higienis. Adapun manfaat dari Nanoe antara lain membersihkan udara dan menghilangkan bau, menjaga kesegaran makanan, hingga melembabkan kulit dan merawat kesehatan rambut.

15. Varian 5 seater dan 7 seater<br />Untuk pertama kalinya Honda CR-V generasi 5 menawarkan pilihan konfigurasi 7 seater untuk varian 1.5 L turbo dan 5 seater untuk varian mesin 2.0.

16. Turbo Engine<br />Generasi ke-5 Honda CR-V memperkenalkan mesin baru yaitu 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga lebih besar namun lebih efisien.

17. Mesin Hybrid<br />Honda CR-V generasi 5 selain punya pilihan mesin bensin dan diesel, ternyata juga tersedia dalam pilihan mesin hybrid. Sayangnya CR-V Hybrid belum dijual di Indonesia, saat ini hanya dijual untuk pasar Eropa dan Jepang.

18. Ekspedisi 34 Provinsi di Indonesia<br />All New Honda CR-V Turbo digunakan dalam ekspedisi jalur darat 34 Gubernur di Indonesia yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dari Pulau Sumatera hingga Papua.

19. Konsumen terloyal<br />Bapak Wirawan tercatat sebagai loyal & active customer Honda CR-V. Ia setia dengan Honda CR-V generasi pertama selama lebih dari 18 tahun. CR-V milik Wirawan sudah lebih dari 450 ribu km.

20. Free Service & Honda Experience<br />Sama seperti model Honda lainnya, setiap pembelian All New Honda CR-V berhak mendapat paket perawatan berkala hingga 50 ribu km/ 4 tahun dan layanan eksklusif Honda Experience. (adr)

TERKINI
GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV! Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia