DFSK Glory 560 Didesain Aman Melibas Banjir

Rabu, 29/01/2020 17:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Fenomena banjir sudah biasa terjadi di musim penghujan. Bahkan, untuk warga Jakarta dan sekitarnya, genangan air dijalanan pasca hujan lebat merupakan hal yang lumrah.

Bagi pengendara dan pengguna jalan, melibas genangan/banjir ada baiknya mempertimbangkan banyak hal. Yang terpenting adalah jangan sampai kendaraan kesayangan terkena masalah akibat melibas genangan air.

Salah satu kondisi yang harus diwaspadai ketika melintasi banjir adalah serangan water hammer yang bisa merusak mesin seketika dan membuat kendaraan tidak bisa berjalan karena kondisi mesin yang rusak parah. Air bisa saja masuk ke dalam mesin melalui berbagai celah, salah satunya adalah katup hisap udara (air intake) mesin.

“Water Hammer adalah air yang masuk ke dalam mesin, khususnya ruang bakar, sehingga di ruang bakar tidak terjadi pembakaran karena terisi air. Efeknya sangat fatal karena saat pembakaran terjadi dan air masuk, ritme gerak piston jadi berantakan, saling menghantam dan bisa membuat piston pecah dan stang piston bengkok," ungkap Technical Training Division Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono.

Karena alasan inilah, pengemudi dianjurkan agar sebisa mungkin tidak melintasi banjir dengan kondisi apapun karena kendaraan-kendaraan yang didesain bukan untuk menerjang banjir. Sebaiknya mencari jalur alternatif menghindari banjir, agar kendaraan tidak mengalami masalah di kemudian hari.

Lalu bagaimana jika kondisinya mengharuskan pengemudi untuk melintasi banjir? Boleh saja, asalkan kendaraan yang digunakan memang didesain aman dan mumpuni melibas genangan, seperti DFSK Glory 560 yang dirancang meminimalisir resiko water hammer.

DFSK Glory 560 dengan DNA sport utility vehicle (SUV) memang dirancang memiliki kemampuan serta sejumlah keunggulan yang membuat mobil ini lebih tahan melindungi mobil dari banjir. Desain Active SUV yang diusung sangat sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia yang banyak memiliki lubang-lubang, kontur jalan naik dan turun, hingga genangan air di saat musim hujan.

DFSK Glory 560 memiliki ground clearance yang mencapai 200 mm dan menjadi salah satu yang tertinggi di kelasnya. Selain itu di sektor kaki-kaki, DFSK Glory 560 menggunakan pelek 17 inci dipadukan dengan ban besar 215/60 R17 yang handal melibas berbagai jalanan di Indonesia.

Ukuran roda yang besar memberikan stabilitas ketika melintasi jalanan yang tergenang, dan memperkecil resiko aquaplaning di jalan. Selain itu, roda-roda besar dan kokoh ini juga memberikan kepercayaan diri kepada konsumen dalam berkendara melintasi jalan-jalan berlubang.

"Kunci utama perlindungan utama DFSK Glory 560 dari water hammer adalah posisi lubang hisap udara mesin yang posisinya cukup tinggi, di atas lampu utama. Posisi ini akan melindungi serta memperkecil resiko air masuk ke dalam mesin melalui lubang hisap udara. Meski demikian, selalu perhatikan dan waspada akan kondisi banjir sebelum melintasinya," tegas Sugiartono.

DFSK Glory 560 kini ditawarkan dengan mulai dari Rp 196 juta-an (on the road DKI Jakarta). Pada awal tahun 2020 ini, DFSK menghadirkan sejumlah penawaran untuk setiap pembelian DFSK Glory 560 mulai dengan cashback menarik, bunga 0 persen, DP Rp 0, cicilan ringan mulai dari Rp3 juta, atau DP rendah hanya Rp 41 juta untuk membawa pulang kendaraan handal ini (syarat dan ketentuan berlaku).

Tidak ketinggalan pula konsumen memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah tambahan berupa logam mulia, smartphone, hingga voucher belanja. Selain itu, DFSK menawarkan program Trade-in diperuntukan untuk konsumen yang ingin membeli mobil DFSK dengan mengganti mobil terdahulunya. Bagi konsumen tersebut akan mendapat tambahan cashback spesial. (adr)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan