Quartararo Naik Pangkat, Rossi Ogah Pensiun

Kamis, 30/01/2020 09:12 WIB

mobilinanews (Italia) - Lagi, fakta di kancah motorsport selalu diawali oleh sebuh isu.

Fabio Quartararo, misalnya, kemarin diisukan akan segera gantikan Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha. Dan, makna segera itu ternyata hanya hitungan jam. 

Apa yang dijabarkan dalam isu itu ternyata sama persis dengan fakta yang kemudian terjadi. Remaja berusia 20 tahun itu hanya perlu setahun di MotoGP untuk buktikan kapasitasnya.

Prestasi mumpuni sepanjang 2019 menjadi alasan utama Yamaha menariknya dari tim satelit ke tim pabrikan. Mendampingi Maverick Vinales hingga akhir musim 2022.

"Ia baru 20 tahun. Bersama Maverick, ia akan menjadi stimulus pengembangan YZR-M1 ke depan. Ia hebat di dalam lintasan maupun prilakunya di luar lintasan," ucap bos tim Yamaha, Lin Jarvis.

Quartararo akan menuntaskan kontraknya di tim Petronas Yamaha Srt hingga akhir musim 2020.

Tapi, ia sudah dapatkan dukungan penuh pabrikan Yamaha dengan spek motor 2020 dan fasilitas penunjangnya.

Rider Prancis yang tahun lalu jadi Rookie of the Year dan pembalap terbaik tim independen ini mengaku bahagia dengan keputusan Yamaha merekrutnya di tim pabrikan.

Ibarat mimpi yang terwujud karena keinginan terbesarnya memang memacu motor yang bisa membawnya meraih gelar juara.

"Saya akan kerja keras seperti saya lakukan sepanjang tahun lalu. Kepercayaan Yamaha yang begitu besar harus saya bayar dengan pembuktian prestasi. Saya jadi tak sabar menunggu balapan musim ini,  menaiki motor terbaru Yamaha," kata Quartararo.

Saat Quartararo dan Yamaha teken kontrak maka saat itu juga kiprah Valentino Rossi berakhir di pabrikan Yamaha.

The Doctor akan umumkan jalan yang akan ia tempuh pada pertengahan musim 2020. Pensiun atau gantikan posisi Quartararo yang notabene mantan muridnya itu.

"Saat ini prioritas saya adalah terus balapan, tapi kita lihat saja nanti," kata Rossi yang sejak awal sudah ikhlas jika digantikan Quartararo.

Artinya The Doctor ogah pensiun pada usia 41 tahun. Besar kemungkinan ia ambil opsi main di tim satelit, pastinya dengan fasilitas pabrikan. (rnp)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!