Tes MotoGP 2020 : Lamban di Hari Pertama, Ini Jawaban Ducati

Jum'at, 07/02/2020 21:31 WIB

mobilinanews (Malaysia) - Empat unit Desmosedici GP20 full pabrikan mengaspal di hari perdana winter test Sepang. Hanya Jack Miller dari tim satelit Pramac yang tembus 5 Besar tercepat. Petinggi Ducati bilang santai dan masih ada tes lanjutan.

Hasil minor yang didapat Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, joki pabrikan yang berada di zona 10 Besar, direspons Davide Tardozzi dengan bijak.

Team Manager Ducati Corse ini sebut hasil hari pertama belum menggambarkan performa seluruh tim secara utuh.

Termasuk 4 pembesut Ducati 2020. Tahun ini tim pabrikan dan satelit seluruhnya memang berbekal Desmosedici GP20.

Di hari pertama tes ini rupanya Dovi dan Petrucci punya tugas bukan untuk mencari waktu tercepat. Keduanya menguji beberapa parts baru yang dalam tes sebelumnya (shakedown test) sudah diuji ichele Pirro sebagai tester.

Masukan dari Pirro kini ditindaklanjuti keduanya untuk mendapatkan titik plus dan minusnya.

"Kami telah menemukan sesuatu yahng lebih baik dari motor sebelumnya. Saya sangat percaya bakal hasilnya, tapi tentu saja kami juga harus lihat hasil pengembangan tim pabrikan lainnya," ucap Tardozzi dalam wawancaranya dengan MotoGP.com di Sirkuit Sepang, Jumat (7-2-2020).

Tandem Luigi Dall`igna di tim pabrikan Italia ini menyebut 4 Desmo yang turun hari ini menggunakan sasis baru dan sama.

Tapi, beberapa piranti lainnya saling berbeda untuk mendapatkan lebih banyak data teknis.

"Masih ada pengembangan lanjutan. Ada spare parts baru yang rencananya diuji pada tes berikutnya di Qatar, tapi kita lihat saja nanti."

Sasis baru itu adalah respons tim teknis Ducati atas keluhan Dovizioso selama ini di area dalam tikungan. Di sektor itu ia banyak kehilangan waktu dibandingkan rival lantaran Ducati terlalu berat dan krang lincah.

Untuk masalah itu, kata Tardozzi, hasil tes terdahulu oleh Pirro telah membawa perbaikan sesuai target tim.

"Belum sepenuhnya seperti harapan pembalap, stepnya masih kecil. Tim memang memprosesnya tahap demi tahap, dan pada akhirnya kami percaya akan mencapai tujuan," tandasnya.

Duet pembalap Pramac, Miller dan Francesco Bagnaia, maupun duet Dovi-Petrucci memang menguji Ducati versi terbaru.

Itu dimaksud tahap pematangan buat Bagnaia sementara dari tiga rider lainnya yang tergolong senior diharapkan feedback masing-masing untuk langkap pengembangan yang diperlukan.

Pada kesempatan perdana, Miller menjadi rider Ducati tercepat di posisi 5 di bawah duet tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo - Franco Morbidelli, Alex Rins (Suzuki) dan Cal Crutchlow (LCR Honda). 

Tiga unit Ducati lainnya berada di luar 10 Besar. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan