Tips Mengenali Ban Mobil Anda Harus Diganti

Selasa, 01/09/2015 09:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Ban menjadi elemen paling vital dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya si karet bundar itu, mustahil mobil Anda bisa berjalan. Tapi karena posisinya yang berada di bagian paling bawah itu terkadang membuat kita malas mengecek kondisinya.

Tapi alangkah baiknya kalau kita meluangkan sedikit waktu untuk melakukan pengecekan kondisi ban secara rutin secara berkala. Tentunya agar kita bisa mengetahui tingkat keausan ban. Ada beberapa ciri sebagai pertanda ban sudah mulai aus.

Apa tanda-tandanya? Simak berikut ini.

Ban Botak
Kondisi ini biasa disebut dengan sebutan ban botak. Ciri-cirinya karet ban sudah menipis dengan hilangnya pola kembangannya. Membuat ban terlihat rata alias botak. Pada beberapa jenis ban berstandar tinggi biasanya dilengkapi simbol berupa panah atau segitiga yang berguna mengukur ketipisan karet ban, biasa disebut Tread Wear Indicator (TWI).

Kondisi ban botak seperti ini sangat berbahaya karena traksi ban terhadap aspal banyak berkurang. Kalau dibiarkan bisa mengakibatkan mobil Anda slip atau tergelincir dari permukaan jalan saat basah atau berpasir.

Retakan
Sering terjadi pada ban yang menggunakan karet bertipe keras. Meski karet tipe ini membutuhkan waktu lama menipis, tapi biasanya memberi tanda jika kondisinya sudah tua. Dengan terbentuknya banyak retakan pada bagian sisi dan lapisan karet terlihat kering.

Kondisi ini berbahaya karena ban dengan tanda seperti ini menunjukkan kondisinya sudah rapuhb mem buat tidak enak digunakan untuk handling. Selain itu, rawan dengan gejala pecah ban.

Benjolan
Benjolan pada ban bisa terjadi karena tekanan angin yang sering kurang, kondisi kawat ban yang sudah mulai tua dan bisa juga disebabkan kondisi jalan yang sering dilalui rusak atau banyak jalan  berlubang.

Jika kondisi ini terjadi pada ban mobil Anda, sebaiknya cepat diganti. Pasalnya, kondisi ini sangat rawan pecah ban. Dibandingkan dengan kondisi yang lain, ban seperti ini lebih berbahaya.

Tambalan
Ban bocor bisa dialami siapa saja. Tetapi yang harus diwaspadai  adalah jika terdapat banyak bekas tambalan. Sebaiknya siapkan uang untuk segera menggantinya dengan yang baru. Pasalnya bekas tambalan bisa menimbulkan potensi kempes ban dengan seketika.

Jadi semakin banyak tambalan potensi untuk terjadinya kempes ban yang seketika juga semakin besar.
Merawat ban kendaraan Anda secara rutin, itu langkah terbaik. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu berkendara di perjalanan.  

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman