H Tinton Soeprapto, Yang Penting Lintasannya Jadi

Minggu, 09/02/2020 12:22 WIB

mobilinanews (Sentul) - Berbicara balap, sepertinya tak bisa melewatkan nama yang satu ini : H. Tinton Soeprapto (75 tahun). Pun Sentul International Karting Circuit (SIKC) Bogor.

Adalah keinginan Tinton menampung anak-anak yang bermain di olahraga balap open wheeler. 

“Saat itu ada Tony Sudarsono, Oke Junjunan, Stanley Iriawan, Ananda Mikola yang main gokart. Tapi, kan nggak mungkin main gokart di parkiran sirkuit Sentul Besar terus,” ujar H. Tinton.

Maka dipilihlah areal persawahan di pinggir kali yang letaknya tak jauh dari sirkuit Sentul Besar. 

“Saat itu, saya berpikir, yang penting lintasan balap gokart aja yang dibangun, karena kanan kiri masih sawah, dan budget juga terbatas,” tuturnya.

Maka dimintalah Mamay Kusmayadi, Stanley Iriawan, Soeparto Soejatmo (kakaknya Pak Tinton) hingga Tony Sudarsono mendesain sirkuit gokart bersama. Meski pada kenyataannya, Stanley yang lebih banyak berperan di lapangan. 

Adanya sirkuit gokart, menjadi euforia tersendiri bagi anak-anak yang mulai suka balapan gokart, karena sebelumya bermain di sirkuit non-permanen. 

H. Tinton masih ingat, pembalap GP500 Max Biaggi sempat kecebur ke sawah saat mencoba latihan di sela persiapan mengikuti event yang sekarang dikenal dengan MotoGP tersebut. 

Seiring perkembangan, mau tidak mau areal sawah dan blumbang harus ditutup. Selain sering makan korban kecebur, juga setelah dikunjungi Hutomo MP, Bob Nasution hingga Ketua CIK, Ernest Busser. 

“Adanya sirkuit gokart Sentul lahir dari kepedulian orang tua, seperti saya. Makanya, kemudian ada yang melanjutkan seperti Max Armand (almarhum) dan yang sekarang,” lanjut H.Tinton.

Menurut H Tinton, sirkuit gokart Sentul telah melahirkan pembalap andal seperti Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, Firhand Ali, Haridarma Manoppo, Dimas Danindro, Bagoes Hermanto, Arya Setyaki yang kelak pembalap di jalur formula dan balap mobil.(bs)

TERKINI
Sukses Gemilang! PEVS 2024 Jadi Tonggak Perkembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Halal Bihalal Nissan Terrano Club Sumatera Barat, Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya