F1 2020: Tes di Barcelona, Verstappen Main Penuh Leclerc Dicadangkan

Rabu, 19/02/2020 09:43 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Hari ini, Rabu (19 Februari 2020), untuk kali pertama mobil-mobil F1 spek 2020 mengaspal resmi di sirkuit.

Untuk kali pertama pula setiap tim hanya boleh meluncurkan satu mobil tes di trek. Itu membuat tim juga harus punya strategi khusus, antara lain untuk mengecoh rival.

Beda dengan tahun lalu yang menggelar 8 hari tes pra musim di Barcelona dan Bahrain, tahun ini hanya digelar 6 hari tes dan terpusat hanya di Barcelona dalam dua sesi. Pertama pada 19 - 21 Februari. Selanjutnya pada 26-28 Februari.

Selain menghemat tenaga dan biaya, langkah ini juga diambil untuk sedikit melonggarkan kepadatan jadwal F1 yang mencapai rekor 22 seri pada musim 2020.

Kali ini regulasi pun menuntut hanya satu mobil tim atau pembalap yang boleh turun pada saat yang sama. Pembatasan yang jelas bawa konsekuensi tersendiri.

Setidaknya masing-masing driver punya waktu yang semakin sempit untuk mengoleksid dan menganalisa data dari semua aspek seperti mesin, sasis, aerodinamika, elektronik, kinerja ban dan sebagainya.

Maklum, ini kali pertama pacuan spek 2020 meluncur resmi di sirkuit.

Itu membuat tim harus mengatur strategi sedemikian rupa jadwal pembalapnya yang turun ke lintasan.

Tergantung pada apa yang mereka tuju. Ferrari, misalnya, pada hari ini hanya menurunkan Sebastian Vettel dengan mencadangakan driver muda Charles Leclerc. 

Sementara Max Verstappen (Red Bull) juga akan terjun sendirian sepanjang hari, maka Mercedes memilih memainkan Lewis hamilton dan Valtteri Bottas dengan jadwal pagi dan siang.

Verstappen yang digadang-gadang sebagai calon terkuat penantang Hamilton tahun ini dinilai wajar mengambil peran penuh dlam tes.

Selain soal target di pundaknya, feedback darinya jelas lebih penting daripada pembalap kedua (Alex Albon) yang relatif anak baru.

Yang menarik adalah Leclrec. Anak emas Ferrari yang sudah dikontrak hingga akhir 2024 ini tak dimainkan Ferrari dalam kesempatan awal ini.

Entah apa strategi Ferrari untuk hanya menerjunkan Vettel, yang jelas Leclerc juga diapungkan sebagai salah satu penantang perebutan trofi tahun ini. (rnp)

Line Up Pembalap Hari Ini (Rabu, 19/2-2020):

TimPembalap- PagiPembalap- Siang
Alfa RomeoRobert KubicaAntonio Giovinazzi
Red BullMax VerstappenMax Verstappen
Racing PointSergio PerezLance Stroll
HaasKevin MagnussenKevin Magnussen
McLarenCarlos SainzCarlos Sainz
MercedesValtteri BottasLewis Hamilton
RenaultEsteban OconDaniel Ricciardo
WilliamsGeorge RussellNicholas Latifi
AlphaTauriDaniil KvyatDaniil Kvyat
FerrariSebastian VettelSebastian Vettel

 

 

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia