Beredar Foto Diduga Produksi Terakhir Isuzu Panther, Bakal Discontinue?

Jum'at, 21/02/2020 21:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Forum media sosial lingkup otomotif pada Jumat siang ini (21/2/2020) dikejutkan dengan beredarnya foto diduga produksi terakhir dari minibus legendaris Isuzu Panther, pertanda bakal discontinue? 

Foto disebar luaskan oleh akun @indra_fathan, “Isuzu Panther sudah stop produksi? Menyongsong 2021 yang mobil dieselnya sudah harus berstandar Euro4?,” tulisnya.

Disebutkan Indra, asal foto ini bersumber dari akun Distro Dakwah Karangasem via Grup Facebook Motuba.

Foto ini menampilkan diduga seorang pekerja pabrik berpose di sebelah Isuzu Panther warna hitam sembari menunjukkan sebuah spanduk besar. 

Pada spanduk tersebut tertulis pesan, “Isuzu Panther terakhir keluar delivery. Good byee, kwalitasnya tetap kujamin”.

Foto ini diambil dalam sebuah ruangan tertutup yang diduga merupakan fasilitas perakitan kendaraan. 

Kemungkinan lokasinya adalah pabrik Isuzu di Indonesia, yakni di fasilitas perakitan Gaya Motor Sunter, Jakarta Utara. 

Belum ada keterangan resmi dari pihak Isuzu terkait foto ini. Namun, beberapa bulan terakhir telah beredar banyak berita yang mengisyaratkan Isuzu akan menghentikan produksi Panther.

Langkah ini bukan tanpa sebab. Emisi dari mesin yang diusung Panther yang sudah tidak sesuai lagi dengan regulasi kendaraan diesel saat ini yang sudah menerapkan Euro4 menjadi dasarnya. 

Mengacu kebijakan pemerintah, standar Euro4 untuk mesin diesel di Indonesia rencananya akan berlaku pada Maret 2021, sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.20/2017. 

Sedangkan kebijakan yang sama untuk mesin bensin sudah berlaku sejak bulan Oktober 2018 lalu. Aturan ini membuat sejumlah pabrikan yang masih memproduksi kendaraan diesel harus melakukan penyesuaian.

Generasi Isuzu Panther telah menjadi legenda minibus diesel di Indonesia sejak tahun 1991. Dikenal luas dengan slogannya, “Cring Cring, Jakarta Bali Rp 44 ribu” untuk konsumsi solarnya. Selamat jalan Isuzu Panther. (anto)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo