Banjir Pengaruhi Penjualan Mobil Honda di Jakarta dan Surabaya

Minggu, 23/02/2020 22:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pasar otomotif di Indonesia terus bergerak dinamis, setelah di tahun lalu mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

PT Honda Prospect Motor (HPM) tentunya punya sejumlah strategi untuk menghadapi pasar di tahun 2020 ini. 

“Merujuk Gaikindo, positif naik 5% tahun ini, tahun lalu kan politik. Minimum kami pertahankan market share, karena kondisinya sekarang tough (sulit),” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT. HPM.

Hal ini disampaikannya kepada Mobilinanews di sela kegiatan Honda Skill Contest 2020 di kantor pusat HPM di Sunter, Jakarta Utara pada Sabtu pagi (15/2/2020).

Masuki awal tahun 2020 pun pasar otomotif menghadapi suatu tantangan, yakni banjir yang melanda sejumlah wilayah dua kota besar, yakni Jakarta dan Surabaya. 

Tak terkecuali Honda yang turut terpengaruh bencana banjir yang sering terjadi dalam dua bulan terakhir di kedua kota tersebut.

Banjir Jakarta dan Surabaya ikut pengaruh. Jakarta sejak banjir kemarin (awal Januari) cukup mengalami banyak penurunan, tapi tertolong (penjualan) luar Jawa,” ungkapnya.

Menurut Billy, customer jadi was-was untuk beli mobil Honda, terutama untuk model-model yang ground clearence-nya rendah seperti Jazz atau Brio.

Sementara untuk model SUV seperti HR-V dan CR-V diakuinya meningkat. “Secara total kami terdampak di Jakarta,” tambahnya.

Lalu untuk menghadapi situasi pasar di bulan Februari ini, Billy mengaku masih lihat isu-isu yang ada di luar sana. “Risk management action pasti ada,” sebutnya. 

“Terkait suppy chain yang tidak boleh putus, ini yang kami perhatikan sekali., jangan sampai berlarut. Kami monitoring terus hour by hour,” jelas Billy.

Di balik musibah, ada berkah. Penjualan SUV Honda punya tendensi naik. (anto)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24