Gokart : Pertama Pakai Mesin X30, Fredi Ojo Langsung Sabet 2 Trofi

Senin, 24/02/2020 13:26 WIB

mobilinanews (Sentul) - Meski awalnya sempat kagok karena belum pernah balap gokart dengan mesin IAME X30, namun akhirnya Fredi Rostiawan bisa menaklukannya.

Pembalap veteran serba bisa ini akhirnya mampu mempersembahkan 2 Trofi pada IAME Asia Series round 1 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Minggu kemarin.

"Alhamdulillah, masih bisa P3 Master Class dan Veteran Class di bawah Eris Mahpud dan Haridarma Manoppo," senyum Fredi kepada mobilinanews.

Sebetulnya  Fredi yang juga Ketua Bidang Olahraga Mobil IMI Jabar ini gak ada rencana ikutan event yang baru kali pertama digelar di SIKC ini.

"H-7 gak ada rencana buat ikut balap. Tapi pas Minggu sore selesai AKOC, Eris (Mahpud) telepon minta saya untuk balap menemani dia dan tim C&C Esi Rehobat," ungkap pembalap asa Bandung, yang akrab dengan panggilan Fredi Ojo.

"Jujur saya belum pernah balap menggunakan IAME dengan engine X30. Saya denger-denger berbeda karakternya, baik dengan Rok maupun Rotax.Tapi saya coba iyakan permintaan sahabat saya," lanjut Fredi.

Datang pada Sabtu pagi, mesin X30 sudah terpasang.

"Begitu saya practice, seperti belajar lagi naik gokart dengan mesin yang strong di tarikan bawah. Ini yang bikin adaptasi saya agak susah," tambahnya.

Penyebabnya pada karakter engine, interval antara brake dengan push throtlenya hampir gak ada jeda.

"Dan harus diinjak sekaligus pedal gasnya. Berbeda dengan engine Rok yang bisa kita atur ritme gasnya sesuai kaki kita," tutur Fredi.

Begitu juga dengan ban yang menurut Fredi tergolong grip. Harus beradaptasi juga.Sehingga pace yang dicetak Fredi baik saat latihan maupun race belum dapat.

"Ada PR besar dalam adaptasi engine ini," terang Fredi.

"Namum di luar itu semua, saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan event IAME Asia Series putaran 1 di Sentul ini. Eventnya keren dan patut dicontoh EO (event organizer) kita ambil sebagai acuan penyelenggaraan event dengan skala international seperti kemaren.Dalut buat ESI dan managemen IAME Asia Series," ungkap Fredi dengan menunjukkan 2 jempol tangannya. (bs)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik