MotoGP 2020: Hikmah Di Balik Musibah, Marquez Persiapan Khusus ke Texas

Rabu, 04/03/2020 22:42 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Kalau sebelumnya menyongsong kekalahan, kini sebaliknya Marc Marquez menyongsong kemenangan. Jeda yang semakin panjang membuatnya punya waktu khusus untuk pemulihan kondisi fisik.

Pembatalan GP Qatar akibat virus Corona bisa dibilang keuntungan tersendiri buat Marquez. Ia dan tim Repsol Honda tadinya sudah pasrah bakal kalah di Losail dengan target perolehan poin sebisanya.

Ada tiga faktor mengapa harus pasrah. Pertama karena Losail bukan trek favoritnya, hanya sekali juara sepanjang karirnya di MotoGP sejak 2013. Tikungan kanan yang panjang di Losail selalu menyulitkannya.

Kedua, kondisi fisik yang belum pulih 100% akibat operasi tulang belikat akhir tahun lalu. Dan, ketiga, rangkaian hasil tes pra musim belum mengindikasikan Honda sebagai motor terkuat di musim 2020.

Tiga tes di Valencia, Sepang dan Losail semuanya milik Yamaha dengan status tercepat. Maverick Vinales pun digadang-gadang sebagai kandidat terkuat juara Qatar dan akhirnya berakhir dengan kesedihan.

Pembatalan dua seri awal di Qatar dan Thailand tentunya bawa hikmah tersendiri baginya. Punya waktu lebih panjang untuk memulihkan kondisi bahu kirinya karena masih ada satu otot yang sakit saat berganti posisi di atas RC213V-nya.

"Sekarang saya fokus ke Texas agar pulih 100%," ujar juara dunia bertahan itu menyebut seri ketiga GP AS di Austin, Texas, yang akan jadi seri pembuka MotoGP 2020.

Caranya, Marquez kembali mengolah fisik dengan sepeda gunung, motokros dan gokart. Target utamanya adalah melatih otot-otot bahu agar kembali normal.

Di sirkuit Texas nantinya, so pasti target Marquez adalah juara. Trek berkarakter anticlockwise itu menjadi `milik` Marquez sejak 2013. Ia dominan di sana baik di sesi Frre Pratice, QTT maupun race.

Hanya tahun lalu ia kehilangan dominasi karena kecelakaan saat raceday. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya