MotoGP 2020: Kurang dari 13 Ronde, MotoGP Tak BIsa Jadi Kejuaraan Dunia

Jum'at, 06/03/2020 23:59 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Dorna Sport sukses mengalokasikan jadwal baru sehingga GP Thailand bisa berlangsung pada 4 Oktober. Tanpa Qatar maka 19 seri balap 2020 masih di tangan. Bagaimana jika ada lagi yang berkurang dari angka 19 itu?

Itulah yang sangat ditakutkan bos Dorna selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta. Pasalnya, jika semakin banyak negara yang membatasi atau memperketat kunjungan warga Italia dan Jepang gara-gara virus Corona, maka akan semakin mungkin kasus Qatar kembali terulang.

Di sisi lain, mengubah jadwal seperti pertukaran GP Aragon dengan Thailand bukanlah hal mudah.

GP AS dan Argentina pada April dan GP Spanyol di awal Mei memang masih aman sementara ini. Tapi, Ezpeleta sadar semua kemungkinan bisa terjadi karena perkembangan virus Covid -19 bisa menyebar luas antarnegara.

"Dorna adalah perusahaan yang menyelenggarakan balapan. Itu kewajiban kami. Itu yang paling penting buat kami, melebihi ekonomi atau apa pun," kata Ezpeleta.

Karena itu, ia dan timnya akan mencari solusi apapun agar serial MotoGP 2020 bisa terus berlangsung dengan status kejuaraan dunia. Jika perlu membuat balapan di arena tertutup tanpa penonton, atau bahkan kalau perlu menghelatnya saat Natal.

Jumlah seri yang harusnya 20, tahun ini masih bisa bertahan di angka 19 setelah GP Thailand terselamatkan. Tapi, Ezpeleta masih khawatir akan ada lagi kasus seperti Qatar yang punya kebijakan mengkarantina semua pengunjung dari Italia selama 14 hari begitu masuk negerinya.

Itu hal yang mustahil karena pengaruh Italia di MotoGP sangatlah besar.

"Tugas kami kini adalah menjaga agar race bisa berlangsung sebanyak-banyaknya," terang Ezpeleta.

Ia jelaskan, sesuai ketentuan FIM maka serial balap MotoGP minimal berlangsung 13 ronde agar dapat status kejuaraan dunia. Dengan slot 19 seri saat ini sebenarnya relatif aman.

Apa mungkin ada 7 seri lagi yang bernsib seperti Qatar?

Mungkin saja jika persebaran Covid -19 tak jua terbendung hingga pertengahan tahun ini. Itulah yang ditakutkan Ezpeleta. Dan, pastinya juga ketakutan fans berat MotoGP. (rnp)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo