Drama Corona di Italia: Kawasan Ferrari, Pirelli, Yamaha Hingga Markas Rossi Akan Diisolasi

Minggu, 08/03/2020 07:17 WIB

mobilinanews (Italia) - Pemerintah Italia siap memberlakukan langkah kejam untuk menghambat eskalasi virus Corona di Italia Utara. Dampaknya sangat pasti mempengaruhi event balap F1 dan MotoGP. Nasib seri awal kedua ajang motorsport dunia itu pun semakin tak pasti.

Sabtu (7/3) malam waktu Italia atau Minggu (8/3) subuh WIB pemerintah Italia menyiapkan sebuah dekrit yang intinya untuk mencegah persebaran Covid-19.

Mereka akan mengisolasi sejumlah daerah di bagian utara yang menjadi epicentrum Corona. Setiap warga yang keluar dari wilayah tersebut akan langsung dikarantina, demikian pula pendatang yang memasuki wilayah tersebut.

Karantina itu akan dilakukan sangat ketat. Yang melanggar langsung kena denda yang jumlahnya masih dirumuskan.

Terlihat kejam namun itu adalah upaya serius pemerintah untuk mengatasi drama Corona yang sudah mencapai  5.883 kasus infeksi positif dengan korban meninggal 233 orang. paling parah di Eropa.

Ini sangat terkait dengan serial balap F1 dan MotoGP. Wilayah yang akan terisolasi mencakup Modena yang merupakan markas tim Ferrari, Milan (Pirelli, pemasok tunggal ban F1), Lombardy (markas tim pabrikan Yamaha), dan provinsi Pesaro e Urbini (markas Valentino Rossi berikut tim Sky VR46 Racing yang turun di kelas Moto3 dan Moto2).

Artinya, semua kru terkait F1 dan MotoGP dari area-area tersebut akan masuk karantina terlebih dahulu (14 hari) sebelum diizinkan keluar dari wilayahnya.

Tim F1 lainnya, Alphatauri, tidak terkena dampak tersebut karena berada di wilayah Ravenna yang sejauh ini bebas dari virus Covid -19. Begitu pun markas tim MotoGP Ducati di Forli, Bologna, aman-aman saja.

Dalam dekrit ini ada kekecualian dan kebijakan tersendiri untuk mereka yang bekerja dalam bidang yang sangat serius dan terkait dengan kepentingan banyak orang. Profesi seperti apa akan dirumusukan hari ini.

Jika para pekerja di lingkup F1 dan MotoGP  tidak termasuk dalam kekecualian itu maka GP Australia sebagai pembuka serial F1 tahun ini jelas terancam, setidaknya dengan ketergantungan event ini kepada kru Pirelli yang mayoritas Italia.

GP Austin di AS juga makin tak karuan. Selain kebijakan Italia tersebut, situasi makain parah karena pemerintah lokal Austin, Texas, juga sudah memberlakukan larangan kegiatan publik yang melibatkan lebih dari 2.500 orang.

Kini semakin rumit teka-tekinya, dimana dan kapankah seri pembuka F1 dan MotoGP 2020 akan dihelat? (rnp)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!