Yang Ditunggu, Mobil Rally XPANDER AP4 Akhirnya Sampai di Tanah Air

Kamis, 19/03/2020 16:06 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kabar mengenai rampungnya mobil reli Mitsubishi XPANDER AP4/" style="text-decoration:none;color:red;">Mitsubishi XPANDER AP4 milik Rifat Sungkar, akhirnya terjawab sudah.

Mobil reli dari segmen MPV ini telah sampai workshop di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, dan telah dipamerkan Rifat melalui channel Youtube pribadinya.

XPANDER AP4 tersebut sudah rampung pekerjaannya 100 persen. Ini juga menjawab rasa penasaran beberapa orang dengan bentuk dan hasilnya seperti apa.

Wajar saja, Rifat, melakukan hal yang di luar kebiasaan, membangun mobil reli dengan mengambil model MPV yang merupakan mobil keluarga.

Secara tampilan, mobil ini banyak mengalami perubahan baik dari eksterior, interior dan sisi jantung pacu.

Di bagian eksterior, demi memenuhi regulasi FIA, XPANDER AP4 telah dipermak hingga memenuhi regulasi sekitar 1,8 meter. Sedangkan untuk wide body, mengalami sedikit revisi untuk menunjang handlingnya di atas lintasan balap.

Perubahan yang paling jelas di bagian interior, di mana seluruh kompartemen yang ada dieliminasi dan digantikan dengan seperangkat alat canggih  sesuai regulasi.

Komponen lain yang juga menghiasi interior adalah roll bar yang membentang dari depan, hingga belakang serta dibuat silang sebagai dasar pemenuhan regulasi yang harus ditaati.

Beberapa komponen lain di bagian luar juga telah diganti guna mengurangi bobot mobil.

Alhasil, setelah melakukan penggantian komponen seperti seluruh kaca, pintu bagasi yang diganti karbon, serta doort rim yang ditiadakan, mobil menjadi lebih ringan dan berdampak baik pada sisi pengendalian.

Mengenai sektor mesin, Rifat telah mengadopsi mesin 1.600 cc dengan tambahan turbocharged.

Ia berdalih penggunaan mesin tersebut dikarenakan sesuai dengan regulasi dari AP4 harus menggunakan mesin 1.600 turbo atau 1.800 turbo.

Di samping itu, dari sisi bobot, mesin 1.600 cc turbocharged juga lebih ringan lantaran memiliki berat 1.230 kg dibandingkan yang 1.800cc.

Sedangkan untuk tenaga yang dihasilkan, Rifat, mengatakan mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga yang berkisar 300 - 340 hp. (hf)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060