Fotografer Balap Independen Juga Terpuruk Diserang Virus Corona

Minggu, 22/03/2020 18:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ditundanya kegiatan event balap baik roda empat maupun roda dua, karena virus Covid 19, tak hanya berdampak pada pembalap, mekanik, bengkel hingga petugas lomba.

Tapi juga elemen lain seperti fotografer freelance hingga master of ceremony (MC) balap, karena mereka banyak bergantung dari event balap tersebut dengan jasa fotonya dibayar oleh pembalap/tim.

"Yah sejujurnya fotografer seperti ini yang mengalami dampak langsung dari penundaan event balap, terutama ISSOM Sentul. Karena income utama saya memang banyak dihayer tim di ISSOM itu," ujar Endy Listiawan.

Yang jelas, lanjut fotografer dengan bendera Endy Digital Image tidak hanya dirinya tapi masih banyak temen-temen fotografer yang ambil job seputaran balap dan otomotif jadi pada nganggur.

Tapi, lanjutnya ada juga sih yang ambil job kecil di luar otomotif dan balap. Meskipun jumlah jobnya gak sebanyak di ladang utamanya.

"Salah satunya gw, yang minggu lalu diminta motret pernikahan pembalap Eric Montolalu," ungkap Endy.

Toh, menurut fotografer andal yang menjadi langganan BMW Team Astra dan ABM Motorsport, mungkin yang nganggur lebih banyak daripada yang dapat job dari luar balap.

"Kalau yang kerja ama orang, maksudnya media yang punya bos, sih enak masih dapat gaji. Lha tapi kalau yang independen ini yang puyeng," lanjut Endy yang selain piawai motret juga bisa menulis artikel.

Tak hanya Endy, ada nama Wibie, Bayu Sulistyo alias Inyong, Jamain, Apith Mcklein, Fajar Pratama dan lain-lain.

"Pit in om..race postponed. Intinya, sami mawon sama dengan Endy," ujar Inyong, panggilan akrab Bayu Sulistyo punggawa blogger Perfourm.

Tapi menurut arek Suroboyo ini, Covid 19 ini kayanya efek domino. Bukan cuma fotografer tapi yang ada di dunia otomotif kena imbasmya.

Menurut Inyong, temen-temen bengkel juga ngomong pada sepi padahal tetep buka.

"Teman PH (Production House) dan EO (Event Organizer) juga pada pit in gara-gara semua event ditunda/batal. Ngefeknya sama yang kita-mita privateer/freelance bukan corporate," sambung Inyong.

"Yang penting stay safety and healthy aja sekarang," senyum Inyong.

Salah satu fotografer balap andal Indonesia, Aphit Mcklein menyebutkan mesti pinter pinter cari income lain sama bongkar tabungan.

"Reli sama offroad kan klien aja. Kalau PT MMKSI (Mitsubishi) gua dihayer sama EO dan PR agencynya. Ini juga semua lagi cancel," ujar Aphit. (bs)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas