Gabut Saat Work From Home? Saatnya Cek Busi Kendaraan, Yuk!

Selasa, 31/03/2020 17:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Saat dihimbau oleh pemerintah untuk bekerja dari rumah (Work From Home), kadang kala ada suasana suntuk yang menghantui.

Salah satu cara yang bisa dilakukan di kala gabut, mengecek kondisi busi kendaraan yang jarang kita lakukan.

Diko Oktaviano, Aftermarket Techinal Support NGK Indonesia, menjelaskan beberapa langkah sebelum membongkar busi kendaraan. Yang penting persiapkan alat untuk membuka dan memasanf busi itu kembali.

"Busi yang sudah dibuka segera dilakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya. Gejala-gejalanya yang biasanya terjadi adalah seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa kita lihat secara jelas," jelas Diko.

Untuk membersihkan busi di kala senggang, Diko, juga menambahkan cara membersihkannya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan menurutu Diko, dan jangan salah menggunakan alat pembersih.

"Untuk proses membersihkannya juga perlu diperhatikan beberapa hal, kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian dibersihkan menggunakan kain. Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat," tambahnya. (hf)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060