Plus Minus Launching Product Secara Virtual Menurut Toyota

Rabu, 01/04/2020 17:36 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Akibat pandemi corona yang masih menyebar di Indonesia, produsen otomotif menjadi salah satu yang terdampak di sektor bisnis.

Untuk mensiasatinya, PT Toyota-Astra Motor menggelar peluncuran mobilnya melalui live streaming untuk mengikuti himbauan pemerintah terkait social distancing.

Meski sudah melakukannya, namun menurut Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT Toyota-Astra Motor, ada sisi plus dan minus dengan diselenggarakannya launching live streaming.

"Sebenarnya cukup efektif. Kapasitas yang bisa kita pakai untuk launching offline itu sekitar 200 sampai 250 orang. Tapi saat live streaming, itu bisa mencapai 1.000 viewers. Walaupun angkanya besar, tapi  biar gimana juga kan harus lihat langsung mobilnya. Jadi ada sedikit kegaringan lah," ujar Dimas.

Di samping itu, menurut Dimas, untuk menyelenggarakan launching via streaming juga ada tantangan. Bahkan, ia juga harus mensiasati lagi terkait penyediaan unit yang dilaunching.

Menurutnya, ketika produk itu sudah diluncurkan maka unit sudah harus ada di dealer, sehingga ketika kustomer yang penasaran, bisa langsung melihat dan merasakan produk baru tersebut.

"Tantangannya adalah, di saat itu kan ada sosial distancing dan WFH, jadi web (Toyota) sudah harus siap dan layanan digital lainnya, seperti M-Toyota itu harus ready saat bersamaan. Lebih penting lagi, itu berjalan dengan digitial. Jadi mobil juga harus ready di setiap diler," tambahnya.

Namun, salah satu yang bisa menjadi sisi positif adalah kecepatan informasi melalui layanan digital streaming, di mana seluruh masyarakat bisa dengan langsung menyaksikan dan melihat secara langsung proses peluncuran mobil tersebut.

"Bisa digital itu informasi jadi lebih cepet," tutup Dimas, dalam teleconference, Selasa (31/3) malam. (hf)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo