MotoGP 2020: Solusi Ducati, 10 Balapan di 5 Negara

Minggu, 05/04/2020 20:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Bos Dorna Sport Carmelo Ezpeleta sudah senang jika bisa gelar 10 seri saja balap MotoGP 2020.

Bos Ducati Paolo Ciabatti menanggapinya dengan pesimistis karena menetapkan 10 negara penyelenggara pun tak bakal mudah.

Enam seri MotoGP sudah batal atau ditunda. Putaran ke-7 dan 8 di LeMans dan Mugello juga berpotensi gagal digelar.

Betul Dorna Sport dan FIM sudah merevisi jadwal dengan menggeser GP Thailand, Argentina, dan AS ke akhir musim.

Masalahnya apakah negara-negara itu nantinya siap dengan kondisi keuangan yang menghantam semua pihak sekarang ini, baik sponsor maupun tim? Belum lagi soal transportasi dan logistik ke 10 negara.

Ciabatti lantas lontarkan solusi yang menurutnya lebih realistis jika memang yang disasar hanya 10 seri balap.

"Pilih 5 negara dan seluruh peserta tinggal di sana dalam 10 hari untuk melakukan 2 race dalam dua akhir pekan. Skenario ini lebih realistis dilakukan dalam kondisi darurat," katanya.

Dengan dua race berturut dalam sebuah sirkuit, lanjutnya, jelas meringankan beban biaya pada sejumlah sektor.

Sebelumnya juga pernah muncul gagasan menghelat dua race pada satu seri penyelenggaraan seperti berlaku di ajang balap WSBK.

Satu race pada Sabtu dan satunya lagi pada Minggu. Wacana ini belum ditolak, juga belum diterima.

Kini ada usulan baru dari Ciabatti, tentunya dengan segenap aspek plus dan minusnya. Setidaknya Dorna sudah punya ancang-ancang jika terjadi situasi yang cocok dengan solusi itu.

Terkait krisi Corona saat ini memang tak ada yang pasti. Tapi, tegas Ciabatti segala sesuatunya wajib diantisipasi.

"Termasuk kemungkinan buruk tak ada kompetisi pada 2020. Tentu itu bukan keinginan kami. Tapi, sebagai sebagai tim dan sebuah perusahaan, kami harus mengkalkulasi semua kemungkinan itu berikut konsekuensinya," kata Direktur Sport Ducati Corse itu. (rnp)

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas