Wuihh, Mosley dan Ecclestone Bersatu Hapuskan Serial F1 2020

Rabu, 15/04/2020 22:59 WIB

mobilinanews (Inggris) - Max Mosley dan Bernie Ecclestone adalah `duet maut` dalam sejarah balap Formula 1.

Mosley selaku President FIA (1993-2009) urusi regulasinya dan Bernie pegang aspek komersialnya. Kini kedua opa-opa berumur 80-an tahun itu bersatu mengkritik Liberty Media.

Dalam wawancaranya dengan laman resmi Formula1, Mosley mendukung saran Ecclestone agar Liberty Media dan FIA membatalkan saja seri balap F1 2020 dan fokus ke musim 2021.

Ecclestone beralasan akan sulit mendapatkan promotor penyelenggara maupun sponsor untuk menggelar Grand Prix yang tertunda karena kesiapan dan faktor finansial.

Bernie bahkan menyindir Liberty Media (AS) sebagai perusahaan yang merasa paham soal F1.

"Ini bukan basket atau American Football," cetus Bernie menyebut 2 cabang olahraga terpopuler di AS.

Namun alasan pembatalan dari Mosley berbeda dengan sahabat kentalnya sejak muda itu. Mosley berpatokan pada ketidakpastian kapan pandemi Covid-19 berakhir. Tak ada yang tahu.

Itu saja sebenarnya sudh cukup bagi para petinggi FIA dan Liberty untuk membatalkan balapan musim 2020.

Sementara langkah-langkah darurat yang saat ini disusun FIA dan Liberty sifatnya hanyalah kemungkinan-kemungkinan begitu virus Corona berhenti.

"Tak ada rencana rasional yang bisa dibangun sepanjang tak ada kejelasan kapan wabah ini berakhir. Menunggu lebih lama hanya memperbesar resiko," kata pria Inggris berusia 80 tahun itu.

Sekarang ini Liberty hanya berharap Covid-19 reda sekitar Juni agar kompetisi bisa digelar pada bulan Juli.

Tapi, Mosley, mempertanyakan apa yang bisa menjamin mereka bisa mulai balapan pada Juli?

Ia juga tak sependapat dengan ide balap tanpa penonton yang dirancang untuk beberapa trek Eropa pada Juli-Agustus mendatang.

"Skema seperti itu hanya akan jadi bencana keuangan bagi penyelnggara lokal," imbuh Mosley yang posisinya di FIA diteruskan oleh Jean Todt hingga saat ini.

Tak ada cara yang lebih baik, katanya, selain menghapus musim kompetisi 2020 dan fokus ke depan.

"Lakukan sekarang, sebelum terlambat! Gunakan waktu dan kesempatan ini untuk menata ulang dan merestrukturisasi Formula 1 dan menempatkannya pada basis finansial yang jauhlebih solid di masa depan," lanjut Mosley.

Saran Ecclestone sejauh ini tak ditanggapi FIA maupun Liberty. Akankah saran Mosley bernasib sama? (rnp)

 

 

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo