Dua Hal Ini Mengganjal Balapan Tanpa Penonton Susah Dilangsungkan

Sabtu, 09/05/2020 12:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sekurangnya ada 2 hal yang tidak bisa dilakukan jika balapan jadi bisa dilangsungkan tanpa penonton. Dan itu, hanya bisa dilangsungkan di sirkuit Sentul Bogor.

"Saya rasa, kalau di Sentul masih mungkin. Tapi, kalau di daerah (sirkuit di luar sirkuit Sentul) lebih susah, salah satunya karena mengandalkan tiket penonton untuk menambah income penyelenggara," ujar Medya Saputra, Wakil Ketua Umum Sepeda Motor IMI Pusat.

Di sirkuit Sentul sendiri, tahun ini direncanakan ada beberapa event balap motor diantaranya Indonesia Motorsport Series (IMS) gelaran IMI Pusat sebanyak 5 seri, Yamaha Sunday Race 3 seri Yamaha Endurance Race.

Namun pelaksanaannya masih menunggu kapan darurat nasional covid 19 berakhir. Dan apesnya, hingga sekarang belum ada satu lembaga pun, termasuk pemerintah bisa memastikan wabah virus corona itu selesai.

Di mata Dyan Dilato, Biro Safety Motor IMI Pusat yang juga anggota Komisi Balap Motor FIM, bisa aja balapan dilangsungkan tanpa penonton di sirkuit Sentul seperti juga halnya yang direncanakan dengan sebagian seri MotoGP tahun ini.

"Okey, katakanlah semua persyaratan bisa dipenuhi, misalnya dengan pembatasan orang dengan jumlah tertentu di sirkuit, pihak sirkuit welcome, serta organisasi otomotif (IMI) kasih lampau hijau. Tapi jangan abaikan yang satu ini : pemerintah. Kalau dengan alasan kesehatan dan keselamatan dinyatakan belum memungkinankan, ya kita nggak bisa apa-apa," tutur Dyan Dilato.

Itu hal pertama yang tidak bisa dilakukan untuk menggelar balap tanpa penonton.

Kemudian yang kedua, lanjut Dyan Dilato, karena durasi balap yang lebih singkat karena dimulai dari semester kedua, tidak ada masalah jika 2 race dilangsungkan pada hari Sabtu dan Minggu.

"Yang tidak boleh dilakukan adalah membuat sistem start balapan berbeda. Misal Sabtu dengan clockwise (searah jarum jam), Minggu dengan anti clockwise (berlawanan arah jarum jam). Kalau itu dilakukan di sirkuit Sentul, salah satunya pasti akan saya larang. Karena sirkuit tersebut telah didesain dari cornering dan run out dengan sistem start tertentu," terang Dyan Dilato.

"Kenapa nggak boleh dibalik, karena ini menyangkut safety. Dan itu, menjadi yang utama di sebuah balap," pungkas Dyan Dilato. (bs)  

  

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!