Ini Syarat Bagi Pengguna Moda Transportasi di Tengah PSBB

Senin, 11/05/2020 23:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pemerintah mengizinkan seluruh moda transportasi kembali beroperasi meski masih ada pembatasan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19.

Ada sejumlah syarat ketat yang harus diperhatikan agar tidak ada masyarakat yang memanfaatkan kesempatan itu untuk melakukan mudik ke Lebaran.

Aditia Irawati, Juru bicara Kementerian Perhubungan mengatakan, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan di tengah kebijakan pembatasan sosial berskala besar (psbb">PSBB), harus membeli tiket langsung ke operator resmi masing-masing moda transportasi.

Saat pembelian tiket, calon penumpang harus menyertakan syarat-syarat yang sudah ditetapkan.

"Saat beli tiket juga sudah harus memperlihatkan syarat-syaratnya. Beli tiket langsung di operator, tidak melalui travel agent," kata Aditia Irawati kepada wartawan, Senin (11/5/2020).

Ada tim gabungan yang juga akan mengawasi jalannya keberangkatan penumpang. Tim gabungan tersebut terdiri dari TNI, Polri, Pemda, Kemenhub dan pihak berwenang lainnya.

"Tim gabungan yang akan melakukan tindakan jika ada pelanggaran," kata Aditia Irawati.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi calon penumpang tersebut tertuang dalam Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020.

Ada empat kriteria yang diperbolehkan menggunakan moda transportasi di tengah PSBB, yakni:

1. Perjalanan dinas lembaga pemerintah atau swasta. Syaratnya:

2. Perjalanan pasien yang butuh pelayanan kesehatan darurat

 

3. Perjalanan orang yang anggota keluarga intinya meninggal dunia

4. Repatriasi pekerja migran, WNI dan pelajar yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke Daerah

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!