Balap Baru Standar Covid Mesti Diapproval Pemerintah & Bernilai Komersial (Habis)

Minggu, 17/05/2020 13:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagaimana proses approval dari instansi pemerintah untuk penyelenggaraan balap baru standar covid?

Menurut Sadikin Aksa, Ketua Umum IMI Pusat, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan alias tidak juga gampang.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Menpora Bapak Zainudin Amali yang menyatakan mensupport penuh. Karena adanya event balap dengan standar covid ini diyakini bisa ikut menggerakkan ekonomi yang lagi stuck," ujar Sadikin Aksa.

Menpora lanjut Ikin, meminta IMI untuk menyiapkan proposal standar balap baru yang telah diguidance FIA dan FIM, kemudian diajukan kepada Gugus Tugas Covid dan Menteri Kesehatan yang merupakan penanggung jawab dan representatif penanganan covid untuk diapproval.
 
"Bagaimana pun, Gugus Tugas dan Menkes adalah instansi  yang dibentuk Bapak Presiden dan mereka yang memimpin terhadap penanganan pandemi covid di Indonesia," terang Ikin, panggilan akrab Sadikin Aksa.

Setelah mendapat approval dari kedua instansi tersebut, kemudian mengajukan izin kepada pemerintah daerah serta izin keramaian polisi terkait venue untuk balapan.

Guidance dari FIA, lanjut Ikin, selain harus berkoordinasi dengan pemerintah, event juga harus dipromosikan secara luas ke publik dengan penjelasan bahwa event ini berstandar covid dan mengikuti protokol kesehatan, bertujuan guna ikut menggerakkan perekonomian.

"Dengan demikian, adanya event itu jangan sampai berdampak negatif dan membuat orang-orang resah karena covid," terang Ikin.

Selanjutnya, event balap yang terselenggarakan harus berdampak komersial, jadi tidak sekadar menyelenggarakan balapan berlangsung.

Dampak komersial itu bisa diperoleh dengan mengadakan live streaming atau live tv terkait sponsor product kerjasama dengan pronas, EO dan penyelenggara event baru standar covid.

"Dan satu hal, adanya siaran live streaming atau live TV tersebut sekaligus memberikan entertainment kepada stake holder dan masyarakat luas," lanjut Ikin yang memiliki hubungan dekat dengan pejabat FIA, FIM dan instansi pemerintah.

Menurut Ikin, ini akan menjadi sejarah bagi motorsport di Indonesia, babak baru  balap yang tidak hanya balap tetapi juga menghasilkan dari sisi komersial dan memberikan entertainment. (bs)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo