Mengasah Skill Balap Lewat Racing Simulator, Kenapa Tidak!

Senin, 18/05/2020 23:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Di tengah pandemi covid-19, agenda balap yang sudah dinanti-nantikan belum datang jua.

Sebagai langkah baru dan alternatif bagi pembalap yang kangen ngegas, beberapa orang akhirnya menggagas balapan virtual untuk reli dan balap touring.

Namun, di balik itu terbesit pertanyaan apakah dengan racing virtual bisa mengasah skill balap seseorang untuk diaplikasi di lintasan balap yang sesungguhnya?

Menanggapi hal tersebut, pembalap Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo menyampaikan pendapatnya.

"Enggak bisa (untuk mengasah skill). Sebenernya simulator hanya untuk menghafal track, karena mereka tidak bisa latihan dengan mobil Formula 1. Gimana mereka ngafalin tracknya? Ya lewat simulator ini," ujar Haridarma Manoppo kepada mobilinanews.

Untuk meningkatkan skill atau kemampuan, mereka (simulator racer) ini juga harus melakukan pengetesan dengan mobil balap asli. Tujuannya, untuk merasakan adrenalin serta bisa menghafal teknik balap.

"Kalau menurut gua, pendapat pribadi, enggak ada orang yang enggak pernah latihan beneran, trus hanya latihan simulator aja, jago balapan, enggak ada. Kalau dia latihan simulator doang, berarti dia hanya bisa buat nyetir di simulator aja," terang Haridarma Manoppo.

"Tapi mereka tidak bisa merasakan understeer dan oversteer, belum tentu bisa. G-forcenya gak ada juga," sambung Haridarma Manoppo(hf)

TERKINI
Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Sederet Prestasinya