F1 2020 : Bottas Merapat ke Renault, Sinyal Vettel ke Mercedes?

Kamis, 21/05/2020 20:57 WIB

mobilinanews (Jerman) - Bursa pembalap F1 untuk musim 2021 masih gonjang-ganjing. Untuk pertama kalinya nama Valtteri Bottas dikaitkan dengan tim di luar Mercedes.

Ia dikabarkan merapat ke Renaulkt untuk gantikan posisi Daniel Ricciardo yang hijrah ke McLaren. Itu jalan masuk Sebastian Vettel ke Mercedes?

Media Jerman Motorsport-Total melaporkan Team Principal Renault Cyriil Abiteboul tengah menjajaki kemungkinan Bottas gabung Renault pada 2021 lewat pembicaraan khusus dengan manajer Bottas, Didier Coton.

Abiteboul ingin kandidat alternatif selain Fernando Alonso yang selama ini disebut siap kembali ke F1 lewat Renault. Nama lain yangmasuk daftar adalah eks Renault sendiri, Nico Hulkenberg.

Di pihak manajemen Bottas, mereka juga butuh berjaga-jaga jika kontrak di Mercedes yang usai akhir tahun ini tak lagi diperpanjang.

Berita Bottas ke Renault ini menarik karena bersamaan dengan tarik menarik Daimler AG dengan anak perusahaannya, Mercedes, untuk menampung Sebastian Vettel di Mercedes.

Tentu dengan menggantikan Bottas, sekaligus menjadikan Mercedes sebagai The Dream Team dengan duet Lewis Hamilton dan Vettel.

Di pihak lain, Team Principal Mercedes Toto Wolff dikabarkan mulai membuka komunikasi dengan Vettel meski halitu ia sebut sebagai hal biasa karena memang berteman baik. 

Soal formasi driver untuk musim 2021, katanya, pihaknya tak perlu tergesa-gesa. Pernyataannya masih mengambang seputar potensi duet Hamilton dan Vettel di dalam kubunya.

Di satu sisi ia bilang nama Vettel ada di meja Mercedes, di sisi lain ia bilang tertarik mempromosikan salah satu pembalap binaan Mercedes - George Russell atau Esteban Ocon.

Namun di sisi berbeda Wolff juga selalu katakan punya prioritas untuk pertahankan duet Hamilton dan Bottas.

"Loyalitas menjadi nilai yang sangat kami junjung dalam tim. Kami loyal dengan pasangan pembalap saat ini dan tak ingin bernegosiasi di saat kompetisi belum berjalan," katanya.

Ucapan Wolff memang masih menyimpan teka-teki besar seputar upaya menyandingkan duet prestisius Hamilton - Vettel dengan segenap plus dan minusnya.

Namun, upaya manajemen Bottas mencari alternatif ke luar Mercedes jelas menggambarkan betapa rawannya posisi driver Finlandia itu di Mercedes.

Dan, ini pun bisa dibaca sebagai bagian dari jalan masuk yang tengah diupayakan buat Vettel. (rnp)

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!