4 Ruas Tol Baru Siap Beroperasi Juni 2020, Termasuk Tol Balikpapan-Samarinda

Sabtu, 30/05/2020 11:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, 4 ruas tol akan beroperasi pada akhir Juni 2020.

Keempat ruas tersebut yakni Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 sepanjang 14 kilometer, Tol Pekanbaru-Dumai 131 kilometer, dan Manado-Kauditan 21 kilometer.

"Dan yang keempat akan dapat dioperasikan ruas Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi 1 dan 5 sepanjang 33 kilometer," ujar Menteri Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Keempat tol tersebut merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Basuki Hadimuljono menuturkan, saat ini progres Tol Banda Aceh-Sigli sedang menjalani uji laik fungsi sebagai salah satu syarat pengoperasian.

Tersambungnya ruas tol ini disebut akan meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya.

Lalu dari Sigli-Indrapuri ke Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Adapun total investasi untuk konstruksi keseluruhan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer tersebut sebesar Rp 12,35 triliun.

Selain itu, biaya konstruksi tol yang terbagi menjadi 6 seksi ini sebesar Rp 8,99 triliun.

Sama seperti ruas Tol Banda Aceh-Sigli seksi 4, Tol Pekanbaru-Dumai juga sedang menjalani uji laik fungsi.

Basuki menambahkan, ruas tol tersebut dibangun dengan total investasi mencapai Rp 16,21 triliun.

Sebagai informasi, jalan tol yang terbagi menjadi 6 seksi itu merupakan bagian dari Tol Trans-Sumatera dan disebut akan meningkatkan konektivitas Kota Pekanbaru dengan Kota Dumai.

Pada seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan terdapat empat terowongan yang digunakan sebagai perlintasan gajah.

Ruas selanjutnya yakni Manado-Kauditan merupakan bagian dari Tol Manado-Bitung.

Keberadaan tol ini juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KSPN Manado - Likupang.

Sementara ruas Tol Balsam diharapkan dapat memangkas biaya logistik barang dan jasa dan waktu tempuh antara Balikpapan-Samarinda dari sekitar 3 jam, menjadi 1 jam.

Adapun seksi 1 dan 2 dari tol ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Desember 2019 lalu. (kps, wan)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman