Lelang Amal FIA, Toyota Sumbangkan Besutan Terakhirnya di F1

Senin, 01/06/2020 23:06 WIB

mobilinanews (Prancis) - Brand Toyota kembali mengapung di kancah F1 setelah tenggelam sejak 2009. TF109, besutan F1 terakhir Toyota di arena F1, siap dilelang lewat jalur FIA (Federasi Balap Mobil Internasional). 

Toyota bukan hanya Corolla, Innova, Avanza atau Supra. Pabrikan Jepang ini pernah main di arena F1 lho pada 2002-2009. Pada musim terakhirnya, mereka merilis TF109 yang dibesut duet pembalap Jarno Trulli (Italia) dan Timo Glock (Jerman).

Mereka finish podium sebanyak 5 kali dari total 16 seri dan bawa Toyota ke peringkat 5 kejuaraan dunia konstruktor.  Trulli dan Glock finish di urutan 8 dan 10 di klasemen pembalap.

Salah satu dari TF109 kenangan itu kini disumbangkan dalam acara lelang FIA untuk membantu korban pandemi Covid-19. Lelang berlangsung pada 15-22 Juni. Belum keluar harga penawaran awal. Yang pasti, TF109 dilego lengkap dengan mesin dan gearbox, plus sasis aslinya.

Barang lain yang akan dilelang adalah racing suit Charles Leclerc (Ferrari) yang digunakan saat menjuarai GP Belgia 2019, baju balap Sebastian Vettel (Ferrari) saat menjuarai GP Singapura 2019, serta helm dan baju balap Damon Hillsaat menjadi juara dunia musim 1995. 

Dari kubu Mercedes, duet driver Lewis Hamilton dan Valtteri bottas akan menyumbangkan berbagai item barang yang mereka tanda tangani. Antara lain jas, sepatu balap, dan sarung tangan.

President FIA Jean Todt berharap akan semakin banyak barang kenangan tim atau pembalap yang akan dilelang pada saatnya nanti.

"Sejak awal krisis, FIA dan seluruh komunitas olahraga otomotif berkomitmen untuk memerangi pandemi ini. Antara lain lewat #RaceAgainstCovid. Kini kami memiliki kesempatan lain menunjukkan kekuatan dan persatuan kami," ujar Todt sembari mengajak lebih banyak pelaku otomotif yang akan bergabung. (rnp)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan