Kendaraan Pribadi Mendominasi Jakarta Pada Hari Pertama PSBB Transisi

Senin, 08/06/2020 18:57 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Hari pertama kantor dibuka kembali dalam masa Pembatasan Sosial  Berskala Besar (PSBB) masa transisi berlangsung pada Senin, 8 Juni 2020 hari ini jalanan kembali ramai.

Meski belum semacet hari biasanya sebelum covid-19, lalu lintas kendaraan pribadi lebih mendominasi jalanan.

"Sejauh ini, jumlah penumpang kendaraan umum masih rendah. Bisa dibilang tidak padat. Lalu lintas yang lebih padat karena lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi," ujar Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta seperti dikutip Antara.

Ditambahkan Anies, bahwa seluruh warga yang menggunakan layanan transportasi umum sudah cukup baik mengikuti aturan penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kita tadi lihat para penumpang yang keluar dari kendaraan umum, 100 persen menggunakan masker. Petugas kami tadi menjaga di sana. Tetapi kami ingin mengingatkan tanggung jawab untuk saling mengingatkan ada pada kita semua. Kalau tidak pakai masker ada denda Rp250.000, tapi ini bukan soal dendanya, ini soal pencegahan penularannya," tutur Anies.

Disebutkan nantinya, di seluruh tempat-tempat menunggu transportasi publik akan diberikan pengaturan khusus agar tetap berjarak dari satu orang ke orang lainnya sesuai aturan physical distancing.

Pernyataan ini menanggapi banyaknya antrian di halte maupun stasiun seperti Halte Cikokol dan Stasiun Cawang pada hari pertama pekerja kantor diperbolehkan beraktivitas di masa PSBB transisi.

"Tantangannya ada di tempat-tempat di mana antarbus itu ada transit. Kalau di halte yang mengantri ke luar, itu bisa dikelola di luar. Tetapi perpindahan antarbus, biasanya tempatnya lebih padat," terangnya.

Soal pengaturan transit ini sedang disusun oleh TransJakarta selaku pengelola transportasi umum bus di Ibu Kota. (wan)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!