Regulasi Penggunaan Ban 18 Inch F1 Ditunda Hingga 2022

Kamis, 11/06/2020 00:03 WIB

mobilinanews (Italia) - Regulasi mengenai penggunaan ban dengan diameter 18 inch di ajang F1 ditunda.

Semula, regulasi tersebut akan digunakan pada musim depan. Namun karena adanya pandemi covid, penerapannya ditunda hingga 2022.

Pembalap Charles Leclerc dari tim Ferrari sempat melakukan uji coba dengan ban baru tersebut di sirkuit Jerez, Spanyol, belum lama ini. Namun hal tersebut dirasa belum cukup.

Pasalnya, untuk pengujian ini, 10 tim yang bertarung harus melakukan uji coba terhadap perubahan regulasi pada diameter ban balap tersebut.

Mario Isola, Direktur Motorsport Pirelli menjelaskan hal tersebut harus ditunda lantaran situasi dan kondisi yang dialami Italia sebagai asal produsen Pirelli yang menerapkan lockdown.

"Kami sedang melakukan beberapa pengembangan sekarang," kata bos F1 Mario Isola kepada Motorsport.com.

"Sayangnya, tanpa menguji ide-ide di track, dan selalu penting untuk memvalidasi apa yang Anda uji dengan simulasi atau tes dalam ruangan," sambungnya.

Meski penggunaan ban baru ditunda, tetapi beberapa tim di F1 telah menerima ban dengan regulasi baru tersebut.

"Sekarang kami memulai kembali kegiatan, dan memiliki kemungkinan menghasilkan beberapa prototipe dan pengembangan tanpa pengujian ban di jalurnya," terang Isola. (hf)

TERKINI
PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24 PEVS 2024 : MG Tampilkan 3 Kendaraan Listrik Berpredikat Rating 5 Bintang Euro NCAP Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik Baru BYD e6 Gen 2