City Car dan LCGC Banyak Dicari Saat New Normal, Ternyata Ini Penyebabnya!

Jum'at, 10/07/2020 22:57 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pasar otomotif mengalami tren positif di kala transisi New Normal saat ini. Bisa dilihat dari meningkatnya penjualan Daihatsu Sigra menjadi 28,4 persen dari total penjualan produk PT Astra Daihatsu Motor.

Dan, juga penjualan mobil Honda Brio melejit hingga 53,8 persen dari seluruh penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Juni 2020.

"Pasar ritel otomotif nasional mulai menunjukkan peningkatan di Juni 2020, dengan kenaikan hampir dua kali lipat dibandingkan Mei 2020,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu Sigra mewakili segmen LCGC yang juga banyak dicari

Sedangkan Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM sudah mulai bisa tersenyum setelah penjualan Honda Brio mampu menembus 1.314 unit.

“Pasar city car meningkat dengan indikator yang ditunjukkan Honda Brio pada bulan Juni lalu. Uniknya, kontribusi tinggi justru dari Brio transmisi manualnya, padahal sebelumnya yang Brio matik yang di atas,” ungkap Yusak Billy

Kalau diamati, mobil tipe city car atau LCGC (Low Cost Green Car) yang mampu menarik minat masyarakat sekarang ini. 

“Kebanyakan yang membeli adalah first buyer (pertama membeli mobil), karena tertarik dengan model dan harga relatif terjangkau (murah),” terang Yusak Billy.

Selain itu, Yusak Billy menambahkan geliat ini disebabkan juga agak longgarnya syarat kredit mobil baru dari pihak leasing, yang uang mukanya tidak lagi setinggi 40-50 persen.

"Dulu (awal wabah corona) uang muka 50 persen itu kan berat. Itu pun leasing juga enggak berani kasih approval. Sekarang perekonomian mulai membaik, bahkan ada leasing yang berani memberikan uang muka 15 persen yang harus dipenuhi dengan syarat-syarat tertentu. Ini yang dicari, makanya pertumbuhannya positif,” urai Yusak Billy.  

Dan, mayoritas orang sekarang lebih memilih bisa naik kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum karena kondisi pandemi Covid-19, ikut berandil terhadap penjualan Honda Brio yang menggembirakan. (lila)  

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik