F1 Styrian 2020: Bottas Pimpin Perburuan Gelar, Kans Verstappen Ditentukan di GP Hungaria

Minggu, 12/07/2020 22:18 WIB

mobilinane3ws (Austria) - Ambisi Valtteri Bottas memburu gelar 2020 tetap terjaga meski dikalahkan rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, di GP Styrian, Austria, Minggu (12/7/2020). Sebaliknya dengan penantang lain yang tak kalah ambisius, Max Verstappen (Red Bull).

Bertarung di kandang Red Bull dalam dua seri awal 2020, tadinya diprediksi menjadi kesempatan emas Verstappen mendulang poin penuh sebagai langkah awal perburun gelar. Sekaligus mewujudkan ambisi besar menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah F1.

Ternyata banyak perubahan. Dua kemenangan beruntun Verstappen di Red Bull Ring (2018-2019) sama sekali tak jadi referensi. Mercedes dengan seri W11 datang di musim ini dengan lebih gagah. Bottas menjuarai seri perdana.

Sedangkan Hamilton yang selama ini tak kuat di Red Bull sukses menjadi pemenang di seri kedua. Ini baru kemenangan kali kedua di Red Bull Ring.

Hasil dua seri awal ini menjadikan Bottas tetap di pucuk klasemen dengan total poin 43, hasil juara di putaran pertama dan runner up di seri kedua. Hamilton di urutan dua klasemen dengan nilai 37.

Komposisi yang memperkuat prediksi keduanya menjadi favorit juara 2020 dengan jumlah balapan yang lebih pendek dari sebelumnya.

Bagi Bottas, selisih 6 poin itu belum menjanjikan apa-apa mengingat penampilan Hamilton yang luar biasa di seri kedua ini.

"Ini hasil maksimal yang bisa diraih kali ini. Finish kedua sama sekali tak buruk. Menjadi pemimpin klasemen sementara hanya jadi pemicu ke seri berikutnya," ucap Bottas yang start dari urutan 4 namun tampak mudah mencapai P2 dengan menyalipVerstappen jelang balapan bubar.

Verstappen yang retire di seri pembuka dan kini hanya memetik 15 poin, memang belum menyerah dalam upaya perburuan gelar.

Ia akui Mercedes tampil di luar dugaan di dua seri beruntun di Red Bull Rig, sirkuit yang dalam dua musim terakhir identik dengan kekuatan Red Bull.

"Kita lihat hasil di Hungaroring nanti," ucap Verstappen soal ambisi dan peluangnya merebut gelar 2020.

Seri ketiga musim 2020 berlangsung di GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, trek yang selama ini juga klopdengan spesifikasi teknis RB16.

Jika di sana nanti joki Mercedes kembali finish 1-2 maka tamatlah harapan Verstappen dan seluruh kru Red Bull untuk merebut trofi 2020.

Trofi yang sepertinya hanya akan diperebutkan oleh Bottas dan Hamilton. (rnp)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali