MotoGP 2020: Duh, Belum Apa-Apa Fabio Quartararo Sudah Dipenalti 20 Menit

Kamis, 16/07/2020 10:59 WIB

mobilinanews (Prancis) - Seri pembuka serial MotoGP 2020 berlangsung 17-19 Juli 2020 di Jerez, Spanyol. Bintang muda Fabio Quartararo ke sana dengan beban hukuman 20 menit.

Pembalap tim Petronas Yamaha Srt yang diusung sebagai calon kuat lawan Marc Marquez itu akan lakoni sesi pembuka FP1 pada Jumat (17/7) tidak secara utuh. Ia tak boleh ikut mengaspal dalam 20 menit pertama. Nah, kalau yang lain bisa full latihan selama 45 menit maka ia hanya dapat jatah sisa 25 menit.

Itu hukuman yang dijatuhkan FIM. Gara-garanya Quartararo kedapatan latihan di Sirkuit Paul Ricard Prancis menggunakan superbike Yamaha R1 dengan modifikasi melebihi ketentuan teknis maupun safety. Sesuai ketentuan, dalam latihan tak resmi macam itu ia hanya boleh pakai motor standar produksi pasar.

Ia dan timnya sudah ajukan banding atas hukuman itu. Namun sesungguhnya yang bikin ia lebih galau adalah kinerja M1 spek pabrikan 2020 yang ia geber musim ini. Ia sedang dalam masa transisi dari M1 spek B yang musim lalu membuatnya jadi Rookie of the Year sekaligus rider satelit terbaik. Ia belum begitu yakin dengan kemampuan motornya meski dalam tes Jerez kemarin tercepat kedua di bawah Maverick Vinales dan sukses menekuk speed Marc Marquez.

"Dalam satu lap kami memang kencang. Tapi, jika sudah start bareng Honda dan Ducati bisa beda hasilnya. Kami kalah di trek lurus dan sejauh ini belum mendapatkan keuntungan tersendiri di area tikungan," kata Quartararo yang musim depan jadi anak pabrikan menggantikan posisi Valentino Rossi. (rnp)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo