Skema Pembiayaan Syariah Dihitung Tanpa Bunga

Jum'at, 25/09/2015 19:49 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Dalam dunia perbankan, bank yang menganut pembayaran syariah mungkin sudah sangat marak, namun saat ini pembiayaan kendaraan bermotor pun sudah banyak yang menganut sidtem pembiayaan syariah. Lantas apakah pembiayaan syariah juga menetapkan bunga?

 

"Sesuai dengan hukum Islam kami tidak boleh menerapkan bunga. Tetap ada konsep penghitungan biaya namun bukan bunga. Di syariah kita menetapkan sistim Murahabah atau akad jual beli, penghitungan keuntungan transaksi merujuk kepada pergerakan inflasi kendaraan yang mau di cicil, kemudian hari," ungkap Krisdianto Sudarmono, Marketing Division Head Alif (perusahaan pembiayaan syariah) kepada mobilinanews.

 

Dijelaskan oleh Krisdianto ada beberapa cara untuk menghitung margin atau laba yang diperoleh lembaga keuangan syariah dalam akad jual beli (murabahah), salah satunya sebagai berikut:

 

Atas dasar dana yang berikan/pembiayaan jual beli kepada nasabah, bank syariah menerapkan keuntungan transaksi misalkan 12%, kemudian jika dibayar satu atau dua tahun maka untuk menstabilkan daya beli uang tersebut bank syariah dapat menambahkan sejumlah 2x inflasi dua tahun yang akan datang.

 

Misalkan, diperkirakan inflasi 5% per tahun maka faktor penyeimbang daya beli untuk dua tahun = 2 x 5% = 10%. Jadi, selama dua tahun nasabah mengangsur pokok pinjaman ditambah keuntungan dan inflasi, yaitu 10% + 12% = 22%. Bila kita buat dalam bentuk Rumus harga jual, maka dapat dilihat sebagai berikut, harga jual = harga pokok aktiva murabahah / jumlah pembiayaan + (inflasi x n) tahun + laba satu kali.

 

Dalam kredit atau pembiayaan kendaraan bermotor, nilai jual kendaraan dikemudian hari lah yang akan dijadikan patokan bagi perusahaan pembiayaan syariah untuk mengukur nilai beli dan jual kendaraan yang kemudian akan tertuang dalam skema kredit sesuai kesepakatan calon kreditur dengan perusahaan pembiayaan.

 

Ingin tahu lebih detail mengenai pembiayaan syariah bisa klik www.alijarahindonesia.com 

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060