MotoGP 2020 Jerez: Marquez vs Vinales Hanya 0,024 Detik

Jum'at, 17/07/2020 17:50 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Edan, dari 22 pembalap MotoGP di sesi Free Practice (FP) 1 GP Spanyol, Jumat (17-7-2020), 19 diantaranya hanya terpaut di bawah 1 detik. 

Setidaknya itu tanda meratanya kekuatan di level atas, tengah dan bawah. Dengan suhu yang berbeda pada sesi FP2 di sore hari ini, akan bisa semakin jelas melihat rider yang potensial tarung di zona podium saat race nanti.

Untuk sementara Honda dan Yamaha bersaing ketat di papan atas. Best lap Marc Marquez dengan Maverick Vinales hanya terpaut 0,024 detik. Seperti musim lalu, Yamaha memang tak ingin mencuri waktu di trek cepat dengan fokus mempertahankan keunggulan tradisional mereka di tikungan cepat. Kali ini, misalnya, M1 Vinales rata-rata kalah 6 km/jam saat melibas trek panjang.

Satu-satunya area yang ingin ditingkatkan Vinales adalah pencapaian waktu pada tikungan pendek. Jika Yamaha bisa sedikit saja berkembang di area itu, niscaya duel RV213V vs M1 akan menarik sepanjang pekan ini.

Penyakit bawaan Ducati pun masih sama dengan musim lalu. Kencang di trek lurus dengan top speed 297 km/jam tapi memble di zona pengereman maupun saat rebah di dalam tikungan. Andrea Dovizioso pun hanya mampu tercepat ke-4 di bawah Cal Crutchlow (LCR Honda).

Yang tak kalah menarik adalah performa Suzuki. Meski tercepat ke-7, Alex Rins bisa kebut Suzuki GSX-RR sampai limit 292 km/jam atau sama dengan top speed Marquez. Ini rada aneh karena biasanya ia utamakan kelincahan motor di tikungan.

Sepertinya Suzuki coba dua setingan berbeda pada 2 jokinya. Joan Mir pakai set up seperti biasa dengan lebih mengutamakan catatan waktu di zona tikungan. Top speed-nya hanya 289 kpj, tapi berada di urutan 5 tercepat dengan gap 0,131 detik dari Marquez.

Oh iya, Fabio Quartararo yang kena penalti dan hanya ikut separuh sesi latihan, terpuruk di urutan 17. Sedangkan sang legend Valentino Rossi di posisi 13. (rnp)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!