MotoGP 2020 Spanyol: Duo Marquez Kecelakaan, Quartararo Butuh Perjuangan Ekstra

Jum'at, 17/07/2020 23:50 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Cuaca panas GP Spanyol membuat pembalap MotoGP tak mampu kembangkan kecepatan di FP2, Jumat (17-7-2020). Perburuan pole position pada Sabtu esok jadi susah ditebak karena anak-anak satelit Yamaha mendadak jadi jawara. 

Suhu udara yang mencapai 35 derajat celcius (bandingkan 28 derajat pada FP1) berikut suhu 51 derajat pada lintasan, membuat semua rider MotoGP gagal memperbaiki waktu kecuali Fabio Quartararo.

Fabio tercepat kedua di bawah rekan setimnya di Petronas Yamaha Srt Franco Morbidelli. Meski hanya latihan, posisi 1-2 tim satelit ini termasuk mencengangkan meski tak bisa melampaui best lap Marc Marquez di FP1. 

Quartararo sendiri masih berada di urutan ke-15 dari kombinasi dua kali FP. Artinya, ia masih harus berjuang ekstra menembus grup 10 Besar pada sesi FP3 besok agar lolos otomatis ke sesi Q2 untuk perburuan pole position. Begitu pula dengan Morbidelli yang berada di urutan 12.

Buat Marquez bersaudara, FP2 ini menjadi catatan tersendiri. Alex menjadi pembalap MotoGP pertama tahun ini yang jatuh pada sesi resmi, di awal debutnya bersama tim Repsol Honda.

Tak lama kemudian sang kakak menyusul jatuh, dan menjadi kecelakaan perdana Marquez musim ini. Keduanya tak alami cidera berarti. 

Hanya tercepat keempat di FP2, Marquez masih mencatatkan diri sebagai pembalap tercepat sementara berkat catatan waktunya di FP1. Ia dikuntit Maverick Vinales (Yamaha) di posisi kedua dengan gap 0,02 detik saja. Sang adik masih berada di posisi 16 dan rawan masuk Q1.

Selain duet Morbidelli dan Quartararo, nama beken lainnya yang terancam masuk jurang Q1 adalah Valentino Rossi (Yamaha) dan Danilo Petrucci (Ducati).

Saat ini keduanya terpuruk di posisi 13 dan 19. Keduanya kudu gaspol benar di FP3 untuk meraih tiket lolos ke Q2.

Dari dua FP yang berlalu, sepertinya pole sitter hanya akan diperebutkan Honda lewat Marquez dan Yamaha lewat Vinales dan Quartararo. Itu jika balapan berlangsung normal. (rnp)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan