MotoGP Andalusia 2020: Marquez Tak Punya Pengganti, Marquez Muda Tulang Punggung Honda

Senin, 20/07/2020 22:30 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Repsol Honda memastikan Marc Marquez tak mengaspal pada race GP Andalusia di Sirkuit jerez, Spanyol, akhir pekan ini. Tak ada pembalap penggantinya.

Dengan begitu sang adik Alex Marquez akan jadi tulang punggung tim Repsol Honda pada ronde kedua MotoGP 2020 ini.

Selain Marquez, Honda juga berpotensi kehilangan Cal Crutchlow (LCR Honda) yang juga membesut RC213V pabrikan. Mereka berdua kecelakaan di seri pembuka GP Spanyol kemarin.

Selasa (21/7/2020) esok direncanakan Marquez jalani operasi di Barcelona akibat patah tulang tangannya.

Ia ditangani dokter langganan para rider MotoGP, Xavier Mir. Dokter ini juga yang beberapa bulan lalu mengoperasi tulang belikat bahu kiri Marquez yang justru baru sembuh.

Mir menyebut perlu beberapa hari rehabilitasi usai operasi. Ia tak bisa memprediksi apakah juara dunia bertahan itu bisa tampil di putaran ketiga kompetisi, GP Rep. Ceko di Sirkuit Brno, pada 9 Agustus 2020. 

"Itu tergantung seberapa fatal cideranya. Ini yang harus kami pastikan lebih dulu dan jalani rehabiltasi sesegera mungkin. Goal-nya memang bisa turun di Brno, tapi sama sekali belum bisa ditentukan," kata Mir.

Ia berharap tak ada urat syaraf di tangan Marquez yang terdampak oleh kecelakaan itu. Terutama pada syaraf radialis yang mengontrol pergerakan lengan dan jari-jari.

Jika ini terjadi maka diperlukan 3 sampai 4 minggu untuk pemulihan. Itu artinya Marquez baru akan mengaspal lagi pada GP Misano, Italia, September.

Itu tentu akan mempengaruhi peluang Marquez meraih gelar ke-7 MotoGP musim ini, terlebih karena jumlah balapan jauh berkurang akibat pandemi Covid-19.

Marquez mengalami kecelakaan fatal di GP Spanyol, justru saat ia tampil luar biasa. Dari posisi 16 sampai pada zona podium saat kecelakaan terjadi dan berpotensi meraih juara dalam lima lap sisa.

Marquez terlempar ke urutan 16 akibat motornya nyelonong ke area gravel dan selamat dari kecelakaan.

Race kemudian dijuarai Fabio Quartararo diikuti Maverick Vinales yang di awal balapan sudah dikalahkan Marquez. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas