Kekompakan Offroader Tapanuli Selatan Mulai Terusik, Ini Penyebabnya!

Selasa, 21/07/2020 18:50 WIB

mobilinanews (Padang Sidempuan) - Membangun kekompakan diantara sekelompok pehobi, tentunya butuh waktu yang tidak sebentar. Apalagi membentuk sebuah wadah komunitas yang berlanjut menjadi organisasi di tingkat Kabupaten dan Kota.

Jika tidak sama lagi visi dan misinya, kekompakan bisa buyar seketika.

Seperti yang dialami offroader yang bernaung di bawah Pengurus Cabang Indonesia Off-road Federation (Pengcab IOF) Tapanuli Selatan di Sumatera Utara. Pemicunya, organisasi yang seharusnya netral, ternyata mulai disusupi kepentingan politis. Apa iya? Yuk, ditelusuri!

"Awalnya klub offroad di Tapsel itu baru ada Exalga. Klub inilah yang menjadi pencetus berdirinya Pengcab IOF Tapsel tahun 2007 lalu. Ketuanya Sutan Gunung Hutasuhut dibantu offroader yang murni tanpa kepentingan pribadi," ungkap Syaiful Jamil, Penasehat yang merupakan sesepuh ofrroader di Tapsel.

Lalu komunitas pun mulai berkembang. Setidaknya saat ini ada 5 klub yang berada di bawah IOF Pengcab Tapsel. Selain Exalga, ada SKIn, Jip Jambore dan Marmar Style. Nama komunitas yang terakhir adalah klub yang didirikan Bupati Tapanuli Selatan.

Maka, mulailah offroad disusupi kepentingan politis. Ketika masa kepengurusan Pengcab Tapsel berakhir Februari 2020, saatnya harus diadakan Musyawarah Cabang alias Muscab.

Namun, karena pandemi Covid-19 mewabah di Tanah Air, pelaksanaan Muscab terpaksa diundur waktunya.

Belakangan, muncul Pengurus baru yang dipimpin Ricky Hadamean Siregar yang didaulat sebagai Ketua IOF Pengcab Tapanuli Selatan untuk Periode 2020-2024. Padahal pemilihan yang digelar tanpa mengundang klub yang ada. Nah lho!

Diperoleh informasi, Pengurus Daerah (Pengda) Sumatera Utara merestui dan siap mengeluarkan Surat Keputusan.

Dan persiapan acara pelantikan pun telah direncanakan 20-22 Maret 2020 lalu dalam event TOR Sibual-Buali Offroad Adventure, namun akhirnya diundur.

Kini tengah disusun kembali untuk digelar dalam waktu dekat. Inilah yang membuat offroader di Tapsel mulai terusik dan kekompakan yang telah dibangun menjadi buyar. Offroader lama merasa ditinggal.

Waduh! (bangve)


 

TERKINI
PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya