F1 2020: Jumat Ini Penentuan Nasib Vettel ke Aston Martin

Selasa, 28/07/2020 20:46 WIB

mobilinanews (Jerman) - Santer kabar kalau Sebastian Vettel akan mendarat di tim Aston Martin bermesin Mercedes pada 2021. Kabar terbaru, ia diberi batas waktu sampai Jumat (31-7-2020) untuk katakan yes or no.

Deadline itu dikabarkan media terkenal Jerman, Auto Bild, mengatasnamakan sumber dekatnya yang bisa jadi berada di lingkungan Mercedes.

Pasalnya, pabrikan top Jerman itu sangat berkepentingan untuk menjadikan Vettel tetap balapan pada musim depan. Agar tetap ada driver Jerman di F1 karena Vettel adalah satu-satunya wakil negeri itu saat ini di F1.

"Sesuai informasi yang kami peroleh, Vettel hanya perlu bilang oke. Maka ia akan dapat kursi di Aston Martin," tulis AutoBild.

Toto Wolff, Team Principal Mercedes yang juga dilibatkan Lawrence Stroll (pemilik Aston Martin) dalam proyek F1-nya, tidk membantah hal tersebut.

Ia bahkan mendorong Vettel agar ambil kesempatan yang ada. Putus kontrak dengan Ferrari di akhir 2020, sejauh ini memang belum ada yang apsti soal amsa depan Vettel di F1.

"Sebastian pemegang 4 gelar juara dunia F1. Ia punya banyak pengalaman teknis. ia akan sangat berguna buat Aston Martin, sekaligus menjadi alat marketing yang mumpuni," katanya.

Nick Heidfeld, mantan pilot F1 yang juga Jerman, menyebut situasi Vettel saat ini tak lagi mungkin mendapat tempat pada tim elit F1.

Berada di Aston Martin yang merupakan kelanjutan dari tim Racing Point tahun depan, bisa jadi langkah perantara Vettel untuk kembali ke level atas.

Dibandingkan dengan Ferrari pada musim 2020 ini, Racing Point menurut Heidfeld akan lebih menjanjikan pada musim depan dengan ganti bendera jadi Aston Marrtin.

"Mesin Mercedes yang mereka pakai sudah terbukti keandalannya. Kehadiran Sebastian akan sangat berguna bagi tim. Dengan pengalaman yang ia miliki, tak diragukan lagi kalau ia bisa membuat perbedaan dalam tim yang punya ambisi serius," ujar Heidfeld sepwerti dikutip dari Sky Deutschland.

Racing Point saaat ini diperkuat Sergio Perez yang dikontrak hingga akhir 2022 berikut Lance Stroll yang tak lain adalah putra team owner. Sang putra tak mungkin didepak.

Tapi, untuk Perez, ada klausul kontrak yang menyebut tim bisa membatalkan kontraknya sebelum 31 Juli 2020 dengan ganti rugi tertentu.

Ini yang jadi celah masuk Vettel ke tim berjuluk Pink Mercedes itu. (rnp)

TERKINI
Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang