F1 2020 Inggris: Ini 3 Kejutan Beruntun Racing Point di Silverstone

Jum'at, 31/07/2020 23:30 WIB

mobilinanews (Inggris) - Racing Point menjadi tim paling populer dalam beberapa pekan terakhir. Setelah isu seputar Sebastian Vettel redup, kini tiga nama dengan isu berbeda membuat popularitas tim berjuluk Pink Mercedes ini tetap di atas.

Tim milik konglomerat Kanada, Lawrence Stroll ini membetot perhatian saat pembalap utamanya, Sergio Perez, dinyatakan positif Covid-19.

Yang di luar dugaan ternyata terpaparnya Perez oleh virus ini dinilai karena dirinya sendiri tak disiplin menjalankan protokol yang sudah ditetapkan.

Beradasarkan penelusuran ESPN, ternyata Perez pulang ke Meksiko seusai GP Hungaria. Ia manfaatkan libur sepekan jelang GP Inggris pekan ini.

Tak hanya itu, Perez juga ternyata berlibur ke Italia bersama istrinya. Artinya, Perez telah mengunjungi berbagai tempat dan bertemu dengan banyak orang.

Padahal, FIA sudah menetapkan setiap pembalap dan kru tim F1 melakukan karantina mandiri sepanjang kompetisi yang diperketat saat ini dengan beberapa seri beruntun dalam jarak waktu singkat.

Belum diketahui sanksi apa yang akan diterima Perez akibat ulah ini.

Hal kedua yang tak kalah heboh adalah pemilihan Nico Hulkenberg (Jerman) menjadi pengganti Perez dalam dua seri F1 di Sirkuit Silverstone dalam dua akhir pekan ini.

Pilihan ini terbukti lumayan jitu dengan hasil mantan driver tim Renault itu menembus urutan 9 tercepat di FP1 dan selanjutnya naik ke P7 di sesi FP2. Ini membuat Hulkenberg harus jadi perhitungan di sesi berikutnya.

"Proses come back yang benar-benar gila, hanya dalam waktu 24 jam dan cuma setengah jam latihan lewat simulator," ucap Hulkenberg yang pernah tampil dan juara di Sirkuit Sentul pada era balap A1GP.

Dan, kejutan ketiga dan paling heboh adalah sukses Lance Stroll menjadi pembalap tercepat di FP2. Ia cetak waktu terbaik 1 menit 27,247 detik. Lebih kencang dari catatan waktu Max Verstappen (Red Bull) yang tercepat pada FP1 dengan 1:27,422.

Pada sesi FP1 itu, Stroll berada di urutan 3 di bawah Verstappen dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Catatan waktu Stroll menjadi sangat menarik karena diraih dalam situasi di mana Racing Point dicurigai beberapa pihak terbantu oleh Mercedes sebagai pemasok mesin.

Beberapa bagian Racing Point kini masih tanda tanya apakah bagian dari `hibah` teknologi dari tim Mercedes atau memang karena mereka sukses meng-copy desain tim mercedes di F1.

Jika kejutan Stroll yang tak lain adalah putra team owner ini terus berlangsung hingga raceday, bisa jadi persoalan yang berawal dari protes tim Renault ini kembali membuncah. (rnp)

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik