MotoGP 2020: Dorna Gusur Malaysia, Tak Ada Selebrasi Quartararo di Litar Sepang

Sabtu, 01/08/2020 08:39 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Putus sudah harapan Malaysia menggelar partai final MotoGP 2020 di Sirkuit Sepang. Palu sudah diketok. Seluruh serial balap MotoGP musim 2020 berlangsung di sirkuit sirkuit Eropa.

Begitu keputusan terbaru hasil pertemuan FIM, IRTA (International Racing Team Association), dan Dorna Sports.

Tiga seri luar Eropa yang tadinya dalam posisi ditunda, kini statusnya resmi dibatalkan. Selain Malaysia, dua penyelenggara lain adalah GP Thailand dan Argentina. 

Keputusan lain adalah perubahan partai final 2020. yang harusnya ditempati GP Valencia, kini berubah entah menjadi GP apa dan dimana. Yang pasti berada di Eropa dan berlangsung pada November 2020.

"Tempatnya akan diumumkan resmi pada 10 Agustus nanti," kata President FIM Jorge Viegas dan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dalam pernyataan bersama.

Keduanya memahami kekecewaan fans MotoGP di kawasan Asia Tenggara yang tahun ini hanya bisa nikmati balapan lewat televisi. Mereka sadar region ini adalah pasar besar dan penting bagi industri sepeda motor dan MotoGP.

Tapi, Coronavirus yang masih menjadi ancaman nyata membuat Dorna tak punya pilihan lebih baik selain batal.

Selain faktor kesehatan, Ezpeleta sebelumnya juga menyinggung masalah transportasi dan logistik yang pelik untuk gelar balapan di luar Eropa.

Keputusan ini sekaligus mengakhiri harapan tim Petronas Yamaha Srt yang berambisi gelar partai final 2020 di litar (sirkuit) Sepang. Ini terkait dengan potensi pembalap mereka, Fabio Quartararo, menjadi juara dunia 2020.

Karena itu selebrasi spesial bisa dilakukan bersama fans dan komunitas Petronas yang sejak musim lalu tumbuh pesat di seantero Malaysia.

Harapan itu disampaikan Team Principal Petronas Yamaha Srt Razlan Razali beberapa waktu lalu. Ia sangat yakin Sepang dan Petronas bisa menyiapkan perayaan khusus nantinya.

Dan, sepertinya keputusan baru ini tak hanya mengecewakan  fans di Malaysia dan Thailand.

Tapi juga berimbas kepada penggemar di Indonesia karena selama ini banyak yang datang langsung ke Sirkuit Sepang dan Buriram untuk sekdara mendengarkan dentuman knalpot motor-motor level MotoGP. (rnp)

 

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali